Cuaca Ekstrim,BPBD Minta Warga Waspada


GROBOGAN - BPBD Kabupaten Grobogan, meminta warga mewaspadai bencana angin puting beliung, sehubungan memasuki cuaca ekstrem selama sebulan ke depan.
"Kami sudah mengintruksikan kepada petugas kebencanaan dan relawan agar meningkatkan kewaspadaan angin puting beliung," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Grobogan, Titi Rahayuningsih Kamis (23/11/2016).
Titi menambahkan, peluang bencana angin puting beliung itu biasanya menimpa permukiman warga Kabupaten Grobogan akibat cuaca ekstrem. Curah hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama sepekan kedepan sangat berpeluang.
Untuk itu, BPBD meminta warga yang tinggal di daerah dataran tinggi maupun rendah agar mewaspadai angin puting beliung, seperti yang terjadi pada Senin(21/11) lalu, yang merobohkan sebuah rumah di Dusun Dowo,Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan.
"Kami menerima laporan sebuah rumah milik warga roboh tertimpa pohon mahoni yang tumbang, namun beruntung bencana angin puting beliung tidak menimbulkan korban jiwa," ujar dia.


Ditempat terpisah,Harusno(35),Kades Sumberagung menjelaskan bahwa rumah warganya yang roboh adalah milik Warsono.”Kerugian sekitar 15 juta rupiah.Warga sekitar telah bergotong royong menyingkirkan pohon yang tumbang,” jelasnya.
Saat ini, dalam beberapa hari terakhir hujan deras disertai angin kencang terjadi sore hari. “Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah,intensitas hujan di bulan November normal, namun cenderung tinggi.Sedangkan di bulan Desember curah hujan diperkirakan diatas normal,” pungkas Titi.
Titi menambahkan,untuk mengantisipasi bencana alam,Bupati Grobogan telah mengeluarkan SK tentang siaga darurat bencana banjir,tanah longsor dan putting beliung,tertanggal 1 November sampai 28 Februari 2017.”Kita juga sudah berkoordinasi dengan semua kecamatan terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana.Kami berharap seluruh warga dapat meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk itu," katanya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel