Usai Lebaran, Satgas Pangan Tetap Bekerja



GROBOGAN- Walaupun dibentuk sebelum ramadhan lalu, namun sampai kini satgas pangan masih terus berlanjut. Hal ini dikarenakan belum ada instruksi dari Kementrian Pertanian (Kementan) untuk memberhentikan operasi satgas pangan."Waktunya berjalan terus sebelum ada perintah berhenti kita jalan terus," ujar Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Swasana, Senin (31/7).

Ia mengungkapkan polisi belum bisa memastikan sampai kapan keberlanjutan satgas pangan. Namun, sebelum ada perintah berhenti maka satgas akan terus bekerja untuk menjaga kestabilan harga, terutama harga sembilan bahan pokok (sembako) di seluruh Indonesia."Komandonya saya serahkan betul kepada Pak Mentan. Polri prinsipnya mendukung sepenuhnya apapun kebijakan yang diambil oleh Menteri Pertanian yang sudah diberikan tugas oleh Presiden,” tuturnya.
Anggota satgas pangan setiap saat terjun ke pasar untuk memantau harga sembako. Ia menambahkan, hasil pantauan harga di pasar  itu tidak ada pergerakan harga secara signifikan.“Kalau harga sembako tidak ada berubahan dari hari-hari sebelumnya. Jadi, masih terbilang wajar,” ucapnya.
Sedangkan persediaan stok sembako, lanjutnya, juga aman. Sebab, informasi yang diterima para pedagang, pengiriman dari distributor lancar seperti biasa.“Kalau stok sudah hampir habis pedagang tinggal telepon, kemudian distributor langsung mengirim kebutuhan pokok yang dipesan tersebut,” pungkasnya.
Ia mengaku, kedepan, Satgas Pangan akan terus memantau pergerakan harga dan persediaan sembako disejumlah pasar kecamatan.“Kami nanti akan terus memantau harga dan stok dimasing-masing pasar kecamatan sesuai hari pasarannya” ungkapnya. 
Kasat Reskrim menambahkan, Satgas Pangan memiliki banyak tugas tertentu, selain mengawasi, memahami, satgas ini juga mengerti keadaan di masyarakat. Menurutnya, selain melaksanakan pengamanan di masyarakat, tetap juga dituntut untuk memantau pergerakan serta laju inflasi yang terjadi di lapangan. Jika memang terjadi kenaikan, maka harus dilakukan penyelidikan apakah ada penyimpangan atau tidak. Meski begitu, tugas pokok polisi tetap menjadi prioritas Polri,” ungkapnya.

Ia berharap harga berbagai komoditas khususnya sembako bisa stabil. “Ya, kita pastinya berharap stabil, meski di Grobogan ini memang harganya apa-apa itu bervariatif, tapi tidak di atas rata-ratalah. Semua itu tetap masih bisa terjangkau,” pungkasnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel