-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Belasan Makam Kuno Ditemukan di Belakang Masjid Alun-alun Purwodadi

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Belasan Makam Kuno Ditemukan di Belakang Masjid Alun-alun Purwodadi



PURWODADI,Grobogantoday.com – Penemuan belasan Makam Situs Kuno ditemukan di belakang masjid Baitul Makmur alun-alun Purwodadi gegerkan warga. Dari pencarian, penelusuran dan penggalian makam ada beberapa makam dengan usia ratusan tahun.

Makam-makam tersebut sebelum terkubur tanah dengan kedalaman satu meter. Setelah dicari keberadaanya ditemukan beberapa makam. Mulai makam sejak abad 6 hingga abad 16 masehi. Bentuk makam masih asli berupa bangunan nisan bentuk kotak dari batu berwarna kuning. Batu tersebut dipahat sedemikian rupa sehingga membentuk kijing makam.

Ahmad Sambung Khoironi tokoh agama Grobogan mengatakan, pencarian makam berawal dari perintah dari Habib Lutvi bin Yahya Pekalongan. Dirinya mendapatkan amanat tersebut kemudian melakukan penggalian informasi tentang makam situs kuno dari para pendahulu dan pahlawan di Kabupaten Grobogan.

”Dari dulu makam memang sudah ada. Cuman dari tokoh kita melupakan. Saya tanya ke pak Bambang Pudjiono mantan Bupati Grobogan tidak tahu dan tanya ke Kyai Mustain Dofir dia menjawab ada kyai suhadak meninggal saat jaman PKI,” kata Ahmad Sambung Khoiron saat meninjau makam situs kuno.

Makam yang ada berada di belakang masjid terlihat kosong dan hanya beberapa makam saja. Tempat tersebut diperuntukan untuk menumpuk material sisa bangunan. Setelah mendapatkan informasi, tim dari Ahmad Sambung Khoironi bersama pengurus masjid Baitul Makmur lakukan pembongkaran dari gunungan tanah.

”Setelah kita bersihkan, ternyata ada banyak makam. Yang sangat luar biasa. Jadi kita membuka makam. Itu mengatahui kembali. Bagaimana sebenarnya. Makam yang ada di Kabupaten Grobogan. Disitu kita mengetahui bagiamana salah satunya. Makam situs yang bermarga Bakbud yang kita temukan,” ujarnya.

Dari hasil temuan tersebut dilakukan konsultasi kepada professor Agus sejarawan dan arkeologi benda kuno.Bangunan makam tersebut dari marga Bakbud dari Negara Yaman. Bangunan tersebut diperkirakan abada XI Masehi.”Bangunan makam masih utuh dan asli. Terbuat dari Batu Maros berwarna kuning dengan ornament aslinya Nissan kotak dan ada batu nisan dua,” terang dia.

Selain itu, ada temuan makam lainya ada tulisan nama tulisan Raden Bagus R.B Prawiro Widjojo Lahir 1800 M dan meninggal 1861 M. Diketahui bahwa makam itu, adalah kaluarga Ronggo saudara  Pangeran Diponegoro. Temuan situs lainya ditemukan ada makam Pangeran Wijil pada masa Pangeran Puger.”Kami juga menemukan makam dengan batu nisan bulat dan pipih motif bunga. Dari ahli sejarah itu makam sekitar abad 6. Untuk namanya saya belum tahu menunggu Habib Lutfi besok pagi (hari ini Red),” terang dia.

Dia menambahkan, selain ditemukan adanya makam situs kuno. Juga ada tiga makam pahlawan yang dibunuh PKI pada tahun 1965. Ketiganya dimakamkan berdampingan. Machmoed, Dr Sjamsoe dan Soejoto. Meninggal saat gerakan G 30 S PKI. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Memang di belakang masjid Baitul Makmur ada makam kuna. Takmir masjid yg dulu (era alm mbah Muslim Sudjak, Mbah Syukur, mbah Badri) tau itu. Sayang beliau2 sudah almarhum. Penduduk Kauman sebenarnya juga tau. Yang menerintahkan membuang bongkaran bangunan di situ, jian kebangeten tenan. Itu sama juga tidak menghornati para leluhur.

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post