-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Gandeng Komunitas Wisata Grobogan Untuk Hidupkan Wisata Cindelaras

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Gandeng Komunitas Wisata Grobogan Untuk Hidupkan Wisata Cindelaras


TOROH-Berbagai upaya menghidupkan kembali Wana Wisata Cindelaras terus dilakukan karangtaruna Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh.  Destinasi wisata yang sempat moncer di tahun 2000-an ini, saat itu dikelola oleh Perum Perhutani KPH Gundih. Namun saat ini terbengkalai, tidak ada yang mengelola. Sehingga karangtaruna berinisiatif untuk menghidupkan kembali. “Saya sangat senang karang taruna punya inisiatif untuk menghidupkan kembali wanawisata Cindelaras. Kita tahu, dulu sangat ramai sekali dikunjungi wisatawan,” ungkap Suwadi, Kades Bandungharjo, saat menghadiri diskusi karangtaruna, Rabu(26/10) malam. 

Letak Cindelaras yang sangat strategis menjadi salah satu modal awal untuk kembali menghidupkan salah satu ikon wisata Kabupaten Grobogan ini. Disamping kerja keras dan semangat untuk mengelola kembali aset milik perhutani ini. “Kita sudah melakukan komunikasi dengan Perhutani. Perhutani sudah mempersilakan jika hendak mengelolanya. Untuk pembagian pendapatan bisa dibicarakan nanti,” ungkapnya.

Suwadi menambahkan, dalam pengelolaan destinasi wisata ini tak lepas dari biaya. Ia mengaku, saat ini pihak desa belum memiliki  anggaran untuk melakukan pembenahan. Namun pihaknya akan berkonsultasi dengan dinas terkait bagaimana menggunakan dana desa untuk pengembangan wisata. “Untuk saat ini warga swadaya melakukan penataan kembali wana wisata cindelaras,” imbuhnya.

Rusmin, juru kunci Cindelaras yang juga hadir dalam diskusi mengaku sangat senang pemuda desanya mau bekerja keras menghidupkan kembali Wana Wisata Cindelaras. Ia berharap, cindelaras bisa ramai kembali seperti jaman keemasannya dulu. “Semoga mimpi ini bisa kita wujudkan bersama-sama,” katanya.

Ungkapan optimis diutarakan Ibnu, wakil pengelola Wana Wisata Cindelaras yang baru ditunjuk dalam diskusi tersebut. Usaha yang dilakukannya bersama rekan-rekannya akan berbuah hasil. Karangtaruna bersama warga dengan suka rela mau bekerja keras membenahi setiap sudut wisata.”Saat ini sudah ada flying fox dan tiga wahana selfie. Namun ini masih kurang, akan segera kita tambah lagi,” ungkapnya.

Ibnu menambahkan, untuk segera merealisasikan pengaktifan wisata cindelaras, warga bersama karangtaruna aktif melakukan kerja bhakti setiap hari Minggu. Selain membersihkan lokasi, mereka juga mulai menata kembali tempat wisata tersebut.”Agar lebih hidup, kami juga mengadakan senam setiap hari Minggu. Dilanjutkan dengan kerja bhakti,” imbuhnya.

Untuk melakukan penataan dan publikasi, pihaknya melibatkan Komunitas Wisata Grobogan. Ia berharap, dengan kerja sama tersebut, wisata di desanya lebih cepat dikenal dan berkembang. “Selama ini Komunitas Wisata Grobogan sudah dikenal mengorbitkan beberapa destinasi wisata. Semoga dengan masukan dan bantuan publikasi bisa memajukan wisata cindelaras ini,” pungkasnya. (iya)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Haruse jalan utama menuju lokasi di perbaiki dulu,dari pada nnti pas musim hujan wisatawan yg mau datang ngak jadi ke tempat wisatanya di karenakan lihat banyak air yg menggenang di jalan malah nnti pada mancing di jln yg banyak airnya,kan rugi nnti ngak jd ke tempat wisatanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post