Peringati Sumpah Pemuda, Bagikan Pita Merah Putih


PURWODADI- Cara berbeda dilakukan Komite Nasional Pemuda Indonesia(KNPI) Grobogan dan Jurnalis Muda Kreatif dan Informatif Grobogan dalam memperingati Hari Sumpah pemuda. Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia, puluhan model cantik berlenggak-lenggok di zebra cross dan membagikan pita merah putih kepada para pengguna jalan yang berhenti di lampu merah perempatan rumah sakit Yakkum, Purwodadi, Jumat(27/10).

Sumpah pemuda yang merupakan tonggak pemersatu perbedaan, yakni satu tanah air Indonesia, satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia diharapkan bisa dijiwai pemuda masa kini. Demikian diungkapkan Kukuh, Ketua KNPI Grobogan. “Pemuda sekarang harus paham sejarah. Bahwa dengan adanya sumpah pemuda, berbagai perbedaan yang ada telah menyatu menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat. Keanekaragaman suku, bangsa, ras dan agama adalah salah satu kekayaan bangsa. Makanya kami mengadakan acara ini,” katanya.

Acara yang diikuti puluhan model di Kabupaten Grobogan ini mendapat perhatian dari para pengguna jalan. Dengan pakaian adat berbagai daerah di Indonesia, mereka membagikan pita merah putih kepada para pengguna jalan. “Tadi kirain ada apa. Kok banyak yang mengenakan pakaian adat, ternyata memperingati hari sumpah pemuda,” cetus Mei, salah seorang pengguna jalan.

Erna, salah satu model yang mengikuti acara mengaku senang bisa mengikuti acara yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Grobogan ini. Menurutnya, dengan mengikuti acara ia bisa mengerti beratnya perjuangan para pahlawan. “Memang pertama kali ada perasaan malu saat berpakaian adat dan harus berpose di lampu merah. Namun dengan menghormati perjuangan para pendahulu kita, maka saya pede aja,” ucapnya.

Usai membagikan pita merah putih, para model berlenggak-lenggok di zebra cross layaknya berpose di catwalk. Kemudian ditutup dengan membacakan ikrar sumpah pemuda secara bersama-sama. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel