77 Perlintasan Tanpa Palang Akan Ditutup



GROBOGAN, Grobogantoday.com - Sebanyak 77 titik perlintasan kereta api tanpa palang akan ditutup oleh PT KAI Daop 4 Semarang. Hal ini dilakukan  dalam rangka peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan bagi pengguna jalan raya. Demikian diungkapkan  Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto, Sabtu (19/5/2018). 

"Tahun ini kita akan menjalankan program penutupan perlintasan di 77 titik perlintasan tanpa palang. Program ini bekerja sama dengan pihak Direktorat Keselamatan Perkeretaapian, Balai Pengembangan Teknik Perkeretaapian Wilayah Jateng, Dishub dan Pemda setempat," jelasnya.

Menurut Suprapto, kegiatan penutupan ini ditujukan untuk perlintasan yang membahayakan bagi pengguna jalan raya. Terhitung ada 77 titik perlintasan yang akan ditutup, sebagian besar perlintasan berada di Kabupaten Grobogan.

“Sebanyak 133 titik perlintasan  berhasil ditutup tahun lalu. Sementara pada tahun 2018 ini, diprogramkan ada 77 titik yang akan ditutup,” jelas  Suprapto.

Saat ini, ada 512 titik perlintasan di wilayah Daop 4 Semarang. Dari jumlah tersebut, menurut Suprapto, ada 76 titik yang dijaga petugas KAI, 33 titik dijaga pihak Dishub/swasta. "Sedangkan 25 titik adalah fly over/under pass, dan 378 titik tidak terjaga,"  ungkap Suprapto.

Untuk menghadapi momen lebaran, pihaknya berencana menambah penjaga perlintasan sebanyak 119 orang. "Palang dan penjaga sebenarnya hanya alat bantu saja. Yang paling penting adalah kepatuhan terhadap rambu-rambu lalulintas," tegasnya. (RE) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel