Tingkatkan Minat Baca, Orang Tua Harus Bacakan Buku untuk Anaknya

GERNAS BAKU: Kepala Dinas Pendidikan Grobogan, Amin Hidayat menandatangani nota kesepakatan mendukung Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku di Masterpark Purwodadi, Sabtu(5/5/2018) . 


PURWODADI,Grobogantoday.com- “Ayah...Bunda... Bacakan aku buku. Baca buku membuat aku tahu. Ayah bunda bacakan aku buku. Baca buku membuat aku pintar.” Itulah sedikit petikan lagu Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku.

Upaya  menumbuhkembangkan minat budaya baca pada anak tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah, namun perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat. Demikian diungkapkan  Kepala Dinas Pendidikan, Amin Hidayat usai launching  Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) di Masterpark Purwodadi, Sabtu(5/5/2018).

“Gernas Baku ini merupakan gerakan yang dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat meliputi orang tua, warga sekolah, secara terorganisir untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca pada anak,” ungkapnya kepada Grobogantoday.com.

Amin Hidayat menjelaskan,  tujuan dari Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) adalah untuk menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tahu. “Dengan keterlibatan orangtua dalam membacakan buku, maka akan tercipta  pola asuh yang positif antara orang tua dan anak, yang juga sekaligus akan mendukung tumbuh kembang optimal anak,” jelasnya.



Menurutnya, Gernas Baku ini sangat penting guna menumbuhkan minat membaca pada anak yang jauh lebih penting daripada anak dapat cepat membaca. Membaca untuk anak usia dini adalah kegiatan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf yang dilakukan orang dewasa bersama anak. “Jadi kita mulai dari usia dini, anak-anak Paud dan TK,” ungkapnya.

Adanya Gernas Baku ini masyarakat diajak terus menyampaikan kepada warga di sekitar tempat tinggalnya, agar dapat menyebarkan lagu Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku sekaligus dinyanyikan anak di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk mewujudkan generasi muda kita mampu menggapai dunia dengan gemar membaca sejak dini.

Selain ikut menyanyikan lagu Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku, dalam acara launching ini, orang tua siswa juga ikut menandatangani nota kesepakatan mendukung Gerakan Nasional Orang tua Membacakan Buku. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel