Hadapi Musim Penghujan, Cegah Penyakit Dengan Gerakan Cuci Tangan


Musim penghujan sudah lama datang dan hingga saat ini hujan masih saja terus datang tidak peduli dengan waktu. Kadang malam, siang bahkan pagi haripun hujan tetap datang ke bumi dan kita semua merasakannya. Hujan menyebabkan udara menjadi dingin dan lembab, basah, dan becek. Kita bisa membayangkan dengan kondisi yang lembab akan membuat jutaan virus dan bakteri akan menyebar dan berkembang. Ada benarnya orang tua kita jaman dulu bahwa musim penghujan identik dengan musim penyakit. 

Penyakit apa saja yang biasa datang dan menghampiri pada musim penghujan? Yuk..., kita cari tau apa saja penyakit yang lazim di musim penghujan.

1.      Flu dan Demam
Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan diantaranya adalah demamsakit kepalabatuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan. Gangguan ini merupakan gejala bahwa tubuh sedang membangun pertahanan melawan infeksi. Demam juga menjadi gejala awal dari berbagai penyakit infeksi yang ringan sampai serius.

2.      Diare
Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya.  Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang hingga berminggu-minggu. Di musim hujan, kasus ini jadi semakin tinggi akibat banyaknya kotoran yang berpotensi menjadi vector.

3.      Leptospirosis
Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira Sp. Yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis). Biasanya ditularkan melalui urine, yang paling bahaya adalah urine tikus. Hujan akan membantu penyebarannya terutama di daerah banjir.

4.      Berbagai Penyakit Kulit
Saat musim penghujan virus akan mudah berkembang pada kulit. Sehingga timbullah penyakit kulit seperti iritasi, kurap, cacar.

Dari berbagai penyakit yang kita tahu diatas, banyak penyakit yang mudah menyebar hanya dari tangan kotor akibat musim hujan.  Kita tau, masyarakat di sekitar kita tingkat kesadaran Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) masih rendah. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci tangan yang masih jarang dilakukan.  

Cuci tangan merupakan salah satu langkah paling penting dan mendasar dari kebersihan diri yang bisa kita lakukan setiap hari untuk menghindari penyebaran penyakit dan kuman kepada atau dari orang lain. Kita mungkin menganggap cuci tangan adalah hal yang sepele, tetapi hanya dengan mencuci tangan kita bisa mencegah terjadinya penularan penyakit. Sumber penyakit memang tidak terlihat oleh mata secara langsung dan bisa berasal dari mana saja dan tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit karena tangan yang sering kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung kuman penyakit. 

Kapan kita harus melakukan cuci tangan?  Menurut Centers for Disease Control and Prevention kegiatan mencuci tangan harus dilakukan dalam waktu berikut : 
1.      Sebelum, selama dan sesudah menyiapkan makanan atau memasak 
2.      Sebelum makan 
3.      Sebelum dan sesudah kontak dengan orang sakit 
4.      Sebelum melepas atau menggunakan lensa kontak (contac lens) 
5.      Setelah dari kamar mandi atau toilet 
6.      Setelah memegang binatang atau kontak dengan binatan
7.     Setelah kontak dengan sampah 
8.      Setelah bersin, batuk atau menyeka hidung
Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Menurut World Health Organization (WHO), terdapat enam (6) langkah cuci tangan yaitu :
1.      Tuang cairan sabun atau handcrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
2.      Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
3.      Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
4.      Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
5.      Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
6.      Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Untuk lebih jelasnya dalam mempraktikkan 6 langkah cuci tangan kita bisa melihat dari gambar di bawah ini :
   
   



Sekali lagi, jangan abaikan betapa pentingnya cuci tangan. Hanya dengan kebiasaan sederhana ini kita bisa melindungi diri dan terhindar dari berbagai penularan penyakit akibat kuman, bakteri dan virus. Ajarkan anak-anak kita sejak dini untuk melakukan gerakan mencuci tangan. SALAM SEHAT. 

PENULIS: Sri Martini, S.Si.T., M.Kes.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel