Puncak Pelangi Gunung Ulo, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Grobogan



WIROSARI,Grobogantoday.com- Geliat pariwisata mulai tumbuh di Kabupaten Grobogan. Kali ini pemuda-pemuda desa di Pegunungan Kendeng Utara, tepatnya di Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari memanfaatkan potensi alam di desanya untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata. Daerah pegunungan berbatu, oleh keuletan para pemuda disulap menjadi destinasi wisata yang digandrungi kawula muda.

“Setelah beberapa obyek muncul seperti jatipohon Indah, Cindelaras, Rumah Fosil Banjarejo, Candi Joglo Purwodadi, kini lahir destinasi wisata baru yakni Puncak Pelangi Gunung Ulo,” ungkap Edi Santoso, Plt Kadinas Disporabudpar Grobogan di sela-sela launching wisata Puncak Pelangi Gunung Ulo, Jumat(29/6/ 2018).



Ia mengapresiasi kegigihan warga untuk mewujudkan destinasi wisata tersebut. Dengan adanya destinasi wisata itu, diharapkan perekonomian warga sekitar menjadi lebih baik dan terbukanya lapangan pekerjaan. “Semoga makin ramai dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Grobogan,” katanya.

Launcing wisata ini sendiri berlangsung selama tiga hari. Berbagai pertunjukan seni ditampilkan untuk menghibur para wisatawan yang hadir, mulai dari tari, carnival, barongan, musik keroncong, band, musik tradisional angklung hingga pesta warna. Selain itu, berbagai perlombaan juga digelar, seperti lomba fotografi dan lomba lintas alam. “Karena ini merupakan swadaya dari pemuda, maka acaranya juga sederhana. Dananya terbatas,” ungkap Sunarto, selaku Ketua Panitia.



Destinasi wisata Puncak Pelangi Gunung Ulo selain menawarkan wisata alam juga menawarkan wisata religi, yakni makam salah seorang tokoh agama setempat. Di puncak pelangi, pengunjung bisa menikmati hamparan menghijau sambil berswafoto di tempat yang telah disediakan oleh pengelola. Jika ingin sesuatu yang memacu adrenalin, pengelola juga menyediakan beberapa wahana untuk flying fox, climbing, repling, hiking dan hammock. “Selain itu ada juga goa untuk caving. Bisa juga untuk camping,” kata Sunarto.


Sunarto menambahkan, pesona sun rise dan sunset di wisata Puncak Pelangi Gunung Ulo menjadi salah satu andalan. Banyak sekali pengunjung yang rela camping untuk berburu sun rise dan sun set. “Memang masih banyak kekurangan. Namun kita akan terus melakukan perbaikan agar wisata ini semakin ramai dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel