-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Proyek Revitalisasi Trotoar R. Soeprapto Telah Dilelangkan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Proyek Revitalisasi Trotoar R. Soeprapto Telah Dilelangkan



PURWODADI, Grobogantoday.com - Dua proyek penataan kota saat ini telah memasuki masa lelang.  Upaya mempercantik wajah Kota Purwodadi yang dilakukan yakni penataan drainase Alun-alun Purwodadi dan penataan trotoar di sepanjang Jalan R Soeprapto. Demikian diungkapkan Kepala PUPR Kabupaten Grobogan, Subiyono, Selasa (3/7/2018). 

“Keduanya telah dilelangkan. Penataan kota Purwodadi pekerjaan yang telah dilelang yakni revitalisasi trotoar Jalan R Soeprapto dan Penataan Drainase Alun-alun Purwodadi,” kata Kepala Dinas PUPR, Subiyono. 
Setelah dilakukan pelelangan, kata dia, diperkirakan pertengahan bulan Juli pekerjaan fisik sudah bisa dilakukan teken kontrak. “Kami harap prosesnya berjalan lancar,” imbuhnya.

Pekerjaan penataan, Drainase Alun-alun Purwodadi dianggarkan dari APBD dengan nilai Rp 2 miliar. Drainase Alun-alun Purwodadi selama ini menjadi sorotan publik. Pasalnya, tiap kali hujan lebat, jalanan di Alun-alun Purwodadi selalu tergenang setinggi sekitar 30 cm hingga 40 cm.

Dengan penataan tersebut, diharapkan Alun-alun Purwodadi tak lagi tergenang saat hujan lebat. Pengendara yang melalui jalanan di Alun-alun Purwodadi pun tidak terganggu. Tak hanya itu, PKL di Alun-alun Purwodadi juga tak kehilangan pelanggannya saat hujan.

Untuk pekerjaan revitalisasi trotoar Jalan R Soeparpto menggunakan anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) senilai Rp 8,5 miliar. Pengerjaannya tak lagi menggunakan paving. Rencananya, trotoar akan dibangun menggunakan batu alam.

Pohon peneduh jenis angsana akan tetap dipertahankan. Untuk mengendalikan akarnya, pihaknya menggunakan teknik betonisasi agar tidak merusak trotoar. Pohon yang ditanam sekitar 1981 itu menjadi identitas jalan R Soeprapto dan jadi andalan untuk penilaian adipura.

’’Kami sudah siapkan langkah untuk mengendalikan pertumbuhan akar pohon dengan cara dibeton. Namun, bila ada pohon yang mengganggu pemasangan kanstin, terpaksa akan kami tebang,’’ jelasnya.

Dari pantauan Grobogantoday.com di lapangan, kondisi trotoar di sepanjang jalan R Soeprapto sudah mulai rusak. Selain lepasnya beberapa bagian paving, beberapa bagian pun sudah tidak rata lagi. Selain itu, di beberapa bagian mulai ditumbuhi rumput liar. Beberapa bagian trotoar  yang dipergunakan untuk lokasi berjualan pkl menyisakan bekas hitam, bekas tumpahan minyak.

Rencananya, trotoar di sepanjang Jalan R.Soeprapto merupakan zona merah untuk pkl. Seluruh pkl yang berada di zona ini akan direlokasi ke pusat kuliner di bekas koplak dokar dan taman hijau Kota Purwodadi. “Sudah ada perbupnya tentang zonasi pkl. Untuk jalan R.Soeprapto merupakan zona merah,” jelas Sri Rahayu, Kabid Perdagangan, Disperindag Kabupaten Grobogan. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post