-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Naikkan Taraf Hidup, PHP2D UKKI UPGRIS Beri Pelatihan Kerajinan Peralon Warga Gubug

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Naikkan Taraf Hidup, PHP2D UKKI UPGRIS Beri Pelatihan Kerajinan Peralon Warga Gubug

Tunjukkan hasil pelatihan.

GROBOGANTODAY – Guna menaikkan taraf perekonomian masyarakat, tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan pelatihan kerajinan dari peralon bersama warga Desa Gubug, Kabupaten Grobogan. Pelatihan Kerajinan Peralon tersebut terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 14 & 15 September 2021, sedangkan untuk sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 17 & 24 Oktober 2021. Pelatihan ini melibatkan karangtaruna dan ibu- ibu komunitas Desa Gubug.


" Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan barang tidak terpakai menjadi barang yang bernilai jual, selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan dapat menaikkan taraf perekonomian masyarakat Desa Gubug," jelas Alfina Harubi Wijayanti(PGSD), Ketua Tim PHP2D. 


Tim ini beranggotakan 11 mahasiswa yaitu Azmi Nur Azizah (Pendidikan Matematika), Siti Umi Badriyatun (Manajemen), Azizah (PGSD), Muhammad Ainul Yaqin (Manajemen), Fathur Khoirurrofik (Manajemen), Panji Khoirul Majid (PGSD), Widya Astuti (Manajemen), Umi Aisyatul Wakhidah (Manajemen), Sukma Dwi Febriyanti (Pendidikan Matematika), Agrani Amania (Pendidikan Matematika), dan Ulfi Farisyah (Pendidikan Bahasa Inggris) dengan dosen pembimbing Bapak Arisul Ulumuddin S.Pd., M.Pd. 


Pelatihan Kerajinan Peralon yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari serangkaian program PHP2D dari tim UKKI Universitas PGRI Semarang yang berjudul “Optimalisasi SATE SAGU (Wisata Tengah Sawah Desa Gubug) berbasis Eduecowisata Javanese Cultural Desa Gubug Kabupaten Grobogan.


” Program Holistik Pemberdayaan & Pembinaan Desa atau biasa disebut PHP2D, merupakan program yang dikembangkan langsung di bawah naungan Kementrian Pendidikan & Kebudayaan dengan menggandeng organisasi mahasiswa sebagai penggerak. Dalam hal ini, kami dari UKKI Universitas PGRI Semarang berencana melakukan pengembangan desa wisata, memberdayakan pemuda, serta meningkatkan perekonomian desa. Salah satu program yang kami usung pada kegiatan PHP2D tahun ini adalah Pelatihan Kerajinan Peralon dan untuk pelatihnya sendiri berasal dari tim PHP2D kami yaitu mas Ainul Yaqin,” kata Alfina.


Ainul Yaqin mengatakan,  sesi pertama pelaksanaan Pelatihan Kerajinan Peralon sudah berjalan pada bulan lalu, tanggal 14 & 15 September 2021 di kediaman salah satu warga RT 12 Desa Gubug Kabupaten Grobogan. 


“Sesi pertama terdiri dari tahap pembentukkan bahan dasar, tahap pembuatan hiasan, dan tahap pewarnaan. Kegiatan yang kami lakukan pada tahap pembentukan bahan dasar meliputi kegiatan pemotongan peralon, pembakaran peralon, dan pengamplasan peralon. Dalam tahap pembakaran peralon dibutuhkan peran pasir dalam membentuk motif pola alami, tanpa pasir maka peralon yang dibakar tersebut tidak dapat membentuk pola,” katanya. 


“Sedangkan untuk sesi kedua pelaksanaan Pelatihan Kerajinan Peralon dilaksanakan pada hari ini, tanggal 17 Oktober 2021 dan rencana akan dilaksanakan pula pada tanggal 24 Oktober 2021 di kediaman salah satu warga RW 10 Desa Gubug Kabupaten Grobogan berupa  kegiatan finishing yang terdiri dari tahap perapian produk dan tahap pengemasan,” pungkasnya.


Hasil akhir dari kegiatan Pelatihan Kerajinan Peralon dari tim PHP2D UKKI Universitas PGRI Semarang yaitu berupa celengan dengan nilai guna dan unsur estetika seni yang akan menambah nilai jual produk tersebut. Tim PHP2D UKKI Universitas PGRI Semarang juga berencana untuk melakukan workshop teknik pemasaran produk celengan sebagai follow up kegiatan pelatihan kerajinan peralon yang telah dilakukan. Yaqin juga memberikan penjelasan bahwa nantinya produk- produk celengan yang telah dibuat tersebut akan dipamerkan dalam acara Lokakarya PHP2D UKKI Universitas PGRI Semarang dan dapat menjadi aset ciri khas daerah. Selain kegiatan Pelatihan Kerajinan Peralon, tim PHP2D UKKI UPGRIS juga melakukan beberapa kegiatan lain yang akan segera terlaksana dalam beberapa hari ke depan.

 


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post