-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Pengambilan Api Suci Waisak di Api Mrapen Diikuti Para Biksu

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pengambilan Api Suci Waisak di Api Mrapen Diikuti Para Biksu


GROBOGANTODAY - Menjelang perayaan hari Waisak yang akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, terlebih dahulu dilakukan pengambilan api di api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Sabtu(14/5/2022).


Di tempat yang dipercaya sebagai tempat Empu Supo, sang pande besi asal Kerajaan Demak Bintoro, pembuat keris untuk Sunan Kali jaga. Ratusan Banthe (Bikhu Sangha), Bhikku, Bhiksu dan Lama menggelar doa di lokasi sumber api yang tidak pernah padam tersebut.


Ritual Puja Bhakti dimulai pukul sepuluh pagi dengan upacara dari majelis seperti Sangha Theravada, Sangha Mahayana, Sangha Tantrayana, Majelis Tri Dharma, Sangha Kasogatan, Majelis Mapanbumi, Sangha Madha Tantri dan Sangha Mahanikaya dari sejumlah Vihara di Jawa Tengah. Ritual dilanjutkan pengambilan Api Alam di areal sumber api.  


“Dari sini, api dibawa ke candi mendut, kemudian berlanjut ke candi Borobudur. Api merupakan simbolisasi penyucian diri. Api bisa membakar dosa-dosa kita,” kata Gunawan, Sekjen WALUBI Jateng. 


Tak hanya menggelar ibadah, WALUBI juga melakukan kegiatan bakti sosial. Yakni dengan membagikan 100 paket sembako kepada warga sekitar. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post