Saka Wanabakti Lakukan Penanaman Pohon



GROBOGAN - Sebanyak  58 orang Pramuka Penegak mengikuti perkemahan orientasi calon anggota baru Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan binaan Perum Perhutani KPH Purwodadi.


Kegiatan ini dimulai dari tanggal 25 November 2016 dan berakhir 27 November 2016. Dibuka oleh Ronny Merdyanto, S.Hut Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan. Didampingi Agus Winarno Pamong Saka Wanabakti, Ketua Pimpinan Saka Wanabakti menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa,berakhlak mulia,berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin,menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melestarikan lingkungan hidup.


Ronny yang juga Wakil Adm Perhutani KPH Purwodadi menambahkan bahwa kegiatan orientasi calon anggota baru bertujuan untuk mengenalkan apa itu Saja wanabakti.  "Saka Wanabakti adalah tempat meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan dan pengalaman, ketrampilan dan kecakapan para Pramuka Penegak dan Pandega serta sebagai wadah penanaman rasa tanggungjawab terhadap pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. Pencapaian materi syarat syarat kecakapan khusus dari krida krida yang ada di Saka Wananakti hendaknya dapat dicapai calon anggota dengan sebaik baiknya. Kegiatan di Saka Wanabakti harus menarik dan menyenangkan dan mengandung nilai nilai pendidikan karakter serta nilai luhur bangsa Indonesia. Karena kegiatan di Pramuka itu Keren, Gembira dan Asyik," jelasnya.


Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan pada ada anggota, diantaranya materi kehutanan umum, konservasi dan juga praktek penanaman. Peserta diajak melakukan pengkayaan tanaman di daerah Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) sempadan sungai pada petak 160 RPH Welahan BKPH Linduk Perhutani KPH Purwodadi. Sebanyak 300 pohon trembesi berhasil ditanam di kawasan hutan yang biasa di sebut Watu Ondo." Anggota Saka Wanabakti dididik untuk menjadi kader Pecinta Hutan dan Pelestari lingkungan" imbuh Ronny Merdyanto.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel