Dinas Pendidikan Cetak Pembina Pramuka



GROBOGAN - Sebanyak 81 orang pembina baru kini telah mengantongi Ijazah Pembina Mahir Tingkat Dasar. Kegiatan Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) tersebut dilaksanakan di SD Negeri 1 dan 2 Candisari pada 22-26 November 2016. Kursus yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan ini  bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (PUSDIKLATCAB) Kwarcab Grobogan .Para peserta berasal dari pembina yang berpangkalan di SD, SMP/MTs, SMA dan Satuan Karya.

Acara ini berlangsung  selama 5 (lima) hari tersebut dibuka oleh Bupati Grobogan yang diwakili staf ahli Bupati,Drs. Sugeng. Dalam sambutannya,Bupati menandaskan bahwa Pembina Pramuka merupakan ujung tombak pembentuk karakter kaum muda melalui kegiatan kepramukaan. "Sudah semestinya jika pembina pramuka memiliki kualitas handal, keteladanan, dan dedikasi tinggi dalam membina peserta didik. Tentu hal ini diperoleh melalui proses yang sistematis melalui Kursus Pembina Pramuka yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pelatihan Kepramukaan," pungkasnya.

Selama kegiatan berlangsung peserta menginap dan melakukan kegiatan penghayatan dari Golongan Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak. Selain menerima materi dari para Pelatih Kwarcab, peserta juga langsung praktek di  lapangan.

Siswanto, S.Pd.M.Pd selaku Pimpinan Kursus,menjelaskan bahwa paket latihan KMD yang dilaksanakan meliputi 20 % teori, 70 % simulasi dan demonstrasi serta   10 % untuk refleksi. "Peserta selain mendapatkan teori juga praktek di lapangan," jelasnya.

Dewi Vitriah Septiani peserta KMD dari SMK Pembnas Purwodadi menyatakan sangat senang mengikuti KMD, selain tambah pengalaman juga tambah ilmu. Devi menambahkan,acara tersebut sangat menantang karena belum pernah dirasakan sebelumya, terutama saat harus melaksanakan kegiatan outbond (shortes) dimana 1 regu harus berkumpul menjadi 1 kemudian diukur kelilingnya yang terpendek. “Sungguh luar biasa, saya berharap kegiatan semacam ini sering diadakan jadi bisa tambah ilmu terus untuk dapat menempuh jenjang berikutnya” ungkapnya .

Kegiatan ditutup oleh Ketua Kwarcab Grobogan yang diwakili oleh Sekretaris Cabang H. Sarwiyanto, S.Ag. Dari 81 peserta yang mengikuti KMD tersebut, sebanyak 80 orang dinyatakan lulus dengan hasil baik dan 1 orang peserta lulus bersyarat dengan tugas tertentu. (ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel