Kwarran Tawangharjo Adakan Pelatihan Untuk Tingkatkan Kemampuan Kehumasan


GROBOGAN – Di era globalisasi seperti sekarang ini, Pramuka dituntut untuk bisa berperan aktif untuk bisa berbagi informasi di bidang kepramukaan. Hal ini  peran kehumasan semakin penting dan sangat diperlukan.

Untuk meningkatkan kemampuan humas, Kwarran Tawangharjo melakukan pelatihan kehumasan di Kwartir Ranting Tawangharjo. Kegiatan ini diselenggarakan di SD Negeri 1 Selo, Kecamatan Tawangharjo, kemarin. Dan diikuti oleh Pengurus Kwartir Ranting Tawangharjo, para pembina Gugusdepan SD/ MI, SMP/MTs serta beberapa Pramuka Penegak dari Gugusdepan Madrasah Aliyah di wilayah Tawangharjo dan dibuka oleh M Luadzin Luthfi  Sekretaris Kwartir Ranting Tawangharjo.


 Agus Winarno Pengurus Kwartir Cabang 11 15 Grobogan Bidang Abdimas dihadapan tiga puluhan orang peserta Pelatihan Kehumasan menyampaikan bahwa hubungan masyarakat (humas) Gerakan Pramuka merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dan ketahanan serta kelanjutan hidup Gerakan Pramuka, sebagai wadah organisasi pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang memerlukan dukungan masyarakat, dalam era globalisasi yang penuh tantangan. “Tujuan Humas Gerakan Pramuka adalah menjadikan masyarakat menerima, peduli dan mendukung Gerakan Pramuka dan wujud dukungan masyarakat dapat berupa dukungan moral maupun material dan finansial,” jelas Agus winarno saat memberikan materi kehumasan.

Agus menambahkan bahwa semua anggota Pramuka merupakan humas itu sendiri yang akan menentukan kemajuan gerakan Pramuka. “Setiap anggota Gerakan Pramuka adalah pelaku Humas Gerakan Pramuka dengan unjuk pribadi anggota Gerakan Pramuka yang berkaitan dengan sikap, tingkah laku, disiplin, penampilan, ucapan, kerapihan, kebersihan, kejujuran, serta keluhuran yang sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka, untuk menumbuhkan kepedulian dan dukungan masyarakat, sedangkan untuk pelaksana humas di kwartir adalah andalan / pengurus kwartir yang memiliki minat dan pengetahuan dalam bidang humas, pengelolaan humas harus dilakukan dengan koordinasi bersama bidang-bidang lain, di samping itu  humas berfungsi sebagai sumber informasi manajemen, humas agar memilik akses langsung dengan unsur pimpinan kwartir “ jelas Agus Winarno.


Untuk mendukung tugas kehumasan dalam Gerakan Pramuka, peserta pelatihan kehumasan dibekali juga dengan materi teknik pembuatan release dan teknik fotografi, serta materi mengelola kegiatan Pramuka di Gugus depan dari beberapa narasumber,  sehingga diharapkan usai dari pelatihan ini para peserta dapat menginformasikan manfaat dan tujuan Gerakan Pramuka melalui release yang dikirim ke media massa. “Degan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan kehumasan anggota Pramuka,” ujar Wibisono, Wakil Ketua Kwartir Ranting  Tawangharjo Bidang Abdimas Humas.(IYA)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel