Air Terjun Widuri Tunggu Sentuhan Investor

GROBOGAN -  Air terjun Widuri, nama ini sudah cukup familiar di telinga kita. Air terjun yang berada di kawasan hutan milik KPH Purwodadi, petak 55b RPH Tlogomanik BKPH Pojok  ini  sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Namun dari segi pengelolaan, air terjun yang berada di Dusun Widuri, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo dari tahun ke tahun tidak ada perkembangan yang berarti.

Demikian diungkapkan Harno, salah satu pengelola wisata Air terjun Widuri saat dihubungi Grobogan Today.  Menurutnya, pengelolaan wisata  di daerahnya ini hanya mengandalkan kerjasama dari Karangtaruna dan LMDH(Lembaga Masyarakat Desa Hutan) serta Perhutani. “Untuk pemberian sarana dan prasarana, mulai dari tempat duduk, kamar mandi sampai mushola, kita swadaya saja. Pemuda dengan kerelaan hati kerja bhakti mewujudkannya,” jelasnya.

 Minimnya sarana dan prasarana pendukung , serta akses jalan yang terjal dan berbatu membuat pengunjung semakin berkurang. “Pengunjung malah banyak yang dari kabupaten Pati, selain dekat, akses jalannya juga bagus. Bandingkan dengan akses jalan dari Purwodadi, sangat terjal,” tutur Harno.

Hal ini diamini Dian, salah satu pengunjung dari Kecamatann Godong. Dia mengaku baru pertama kali berkunjung ke air terjun widuri dan merasa takjub dengan keindahan yang disajikan. “Air terjunnya keren, sejuk lagi. Tapi sayangnya akses jalan menuju kesini rusak parah,” keluhnya.

Kendati cukup potensial, namun belum bisa menghasilkan pendapatan  maksimal, hal ini terbukti tiga tahun terakhir ini pendapatan air terjun widuri masih minim. “Satu tahun ini kita hanya mampu membuat satu rumah-rumahan saja,” ungkap Harno, pengelola wisata.

Terpisah, Dewanto, Adm KPH Purwodadi saat disinggung mengenai pengembangan air terjun widuri menjelaskan, bahwa pihaknya cenderung menggandeng mitra untu8k bagi hasil. “Kami siap bekerja sama dengan pihak mana pun untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah hutan KPH Purwodadi. Kalau untuk mengembangkan sendiri belum siap. Saya kan masih baru disini,” tuturnya. (iya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel