Satu Rumah Roboh Disapu Puting Beliung, Pramuka Beraksi


TOROH- Puting beliung rusak belasan rumah di Desa Pilangpayung, Kecamatan Toroh, Kamis malam. Satu rumah warga rata dengan tanah, sedangkan belasan rumah lainnya mengalami kerusakan yang bervariasi, mulai dari atap rusak dan dinding rumah jebol.

Satu rumah roboh adalah milik Ruswanto, warga Dusun Samben RT 2 RW 5 Desa Pilangpayung. Rumah yang berbahan dasar kayu ini rata dengan tanah saat puting beliung menerjang rumah saat hujan deras turun di desa tersebut. “Rumah saya baru tahap pengerjaan, namun belum selesai malah kena bencana ini. Saat hujan lebat turun, angin bertiup kencang dari arah Selatan,” aku Ruswanto.

Ruswanto mengaku pasrah saat rumah yang masih dalam tahap pembangunan  ini rata dengan tanah. Saat kejadian, rumahnya memang belum ditinggali, jadi tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. “Mau bagaimana lagi. Namanya juga musibah,” jelasnya.

Angin puting juga terjadi di Kecamatan Wirosari, belasan atap rumah warga  rumah warga rusak akibat diterjang puting beliung. “Kami harap, warga selalu berhati-hati dengan cuaca dan puting beliung yang sering melanda kabupaten Grobogan,” ungkap Masrikan, Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan.

Pramuka Peduli Baksos
Sekitar 20 anggota Pramuka Peduli Kwarran Toroh melakukan aksi bakti sosial di lokasi bencana. Dipimpin koordinator aksi Sri Widodo, yang merupakan pengurus Kwarran Toroh, bersama Pramuka dari SMA dan MA di kecamatan Toroh ikut membantu membersihkan puing-puing rumah. “Kami turunkan adik-adik dari beberapa sekolah untuk membantu korban puting beliung ini. Paling tidak bisa sedikit meringankan beban mereka,” jelas Sri Widodo kepada Harian Pati.


Selain membersihkan puing, Pramuka Peduli Kwarran Toroh juga menyampaikan dana bantuan kepada korban puting beliung. “dana ini berasal dari bumbung kemanusiaan anggota Pramuka yang sudah dikumpulkan beberapa waktu yang lalu. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel