Tidak Hanya Fisik: Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat


GROBOGAN - Dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat langsung ke pemerintah desa, diharapkan tidak semata dilaksanakan untuk pembangunan fisik saja. Program pemberdayaan masyarakat untuk mendongkrak kemajuan pendidikan, ekonomi dan sosial budaya masyarakat harus diperbanyak agar seimbang.
Hal ini diungkapkan Bupati grobogan, Sri Sumarni saat membuka sosialisasi penggunaan dana desa 2017 di aula kantor Dispermades, Sabtu(18/3).   Menurutnya, saat ini mayoritas program pembangunan desa masih didominasi dengan program pembangunan fisik saja. Padahal program pemberdayaan masyarakat khususnya ekonomi kerakyatan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengentaskan diri dari pengangguran hingga kemiskinan.
“Makanya ke depan kami berharap ada keseimbangan antara program fisik dan pemberdayaan. Jangan sampai fisik dan infrastruktur saja yang digarap, tetapi juga manusianya juga harus dipikirkan agar semakin maju mengelola potensi yang ada,” katanya
Implementasi UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa diharapkan menjadi momen tepat untuk desa untuk semakin membangun. Adanya kewenangan otonomi desa yang lebih luas dibandingkan masa sebelumnya, diharapkan dapat diambil sebagai kesempatan untuk memberdayakan masyarakat.
Kata Sri Sumarni , dengan melandaskan pada regulasi implementasi UU Desa yang ada sekarang ini diharapkan masyarakat desa juga dapat turut aktif dalam mendorong kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran di masyarakat.
“Kesempatan ini harus benar-benar diambil oleh desa untuk membangun. Jangan hanya sebatas pembagunan fisik saja, berdayakan masyarakat dengan berbagai aset desa yang ada. Kucuran dana yang cukup besar dari masyarakat diharapkan dapat membawa kemaslahatan masyarakat bukan sebaliknya,” jelasnya.

Sri Sumarni menyatakan era otonomi desa diharapkan dimanfaatkan oleh masyarakat. Artinya , otonomi desa bukanlah sekadar soal dana desa yang besar, melainkan juga peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa secara aktif, transparan dan akuntabel.(iya) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel