May Day Damai untuk Tarik Investasi


GROBOGAN – Peringatan hari buruh sedunia atau May day di Kabupaten Grobogan berlangsung cukup kondusif.  Tidak ada aksi demontrasi  yang dilakukan para buruh. Sekitar seribu buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia(SPSI)  menggelar aksi damai di Alun-alun Purwodadi, Senin(1/5) yakni dengan senam dan donor darah.
Sintono, Ketua SPSI Kabupaten Grobogan menjelaskan, mereka lebih memilih kegiatan yang  positif yakni dengan senam sehat dan donor darah. Mereka ingin  menunjukkan kepada masyarakat Indonesia,dunia, bahwa Kabupaten Grobogan kondusif untuk investasi. “Jika disini kondusif, maka para  investor akan menanamkan modalnya disini. Sehingga lapangan kerja akan terbuka lebar. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat akan semakin baik,” jelasnya kepada wartawan di sela-sela acara.
Selain itu dengan  senam, sehingga para buruh akan semakin sehat sehingga aktifitas kerja bisa semakin maksimal. Acara ini dihadiri Bupati Grobogan, Sri Sumarni dan seluruh  FKPD.Mereka pun turut serta dalam senam sehat tersebut.
Menurut Sintono saat ini penerapan  UMK(Upah Minimum Kabupaten) disetiap  perusahaan sudah dilaksanakan. Bahkan  ada beberapa perusahaan memberi gaji lebih dari UMK kabupaten Grobogan.”Saat ini UMK di Kabupaten Grobogan adalah Rp 1.435.000,-. Perusahaan sudah melakukan kewajibannya itu,” jelasnya.
Sintono menambahkan, para pengusaha di Kabupaten Grobogan  sudah memenuhi jaminan para pekerja dengan adanya BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan. Namun, ada pekerja  yang tidak ingin ikut BPJS  karena sudah memiliki kartu indonesia sehat.”Kartu Indonesia Sehat ini  sudah dibantu negara, jadi mereka kadang menolak,” tambahnya.
Saat ini ada sekitar 2.500 pekerja yang sudah tergabung dalam SPSI. Masih banyak pekerja yang belum tergabung dalamnya karena belum terbentuknya serikat pekerja tersebut  di perusahaan.”Karena di perusahaan belum ada serikat pekerja, maka para pekerjanya belum masuk dalam Serikat pekerja tersebut,” imbuhnya. (iya)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel