Saka Wanabakti: Cetak Generasi Peduli Hutan dan Lingkungan




GROBOGAN – Untuk tanamkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, sebanyak 27 anggota Pramuka Penegak dari berbagai Gugusdepan yang tergabung di Satuan Karya Wanabakti Kwarcab Grobogan pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi menggelar aksi bakti sosial dengan melaksanakan  pengecatan mushola di Dusun Tlogomanik, Desa Kemadohbatur Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Dengan dipandu oleh Nugroho, Ketua RT setempat, puluhan anggota Pramuka ini  melaksanakan kebersihan lingkungan di sekitar mushola yang berada di tengah hutan ini.  “Warga di kampung ini hanya 15 Kepala Keluarga saja. Serta letaknya pun di tengah hutan. Saya sangat berterima kasih dengan kepedulian adik-adik pramuka ini,” jelas Nugroho.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Saka Wanabakti ini  merupakan bentuk kepedulian Pramuka untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dalam rangkaian kegiatan Perkemahan Pelantikan Anggota Baru Saka Wanabakti Kwarcab 11 15 Grobogan binaan Perum Perhutani KPH Purwodadi yang berlangsung dari tanggal 28 – 30 April 2017. Selain membersihkan mushola, calon anggota ini juga melaksanakan kegiatan Giri Wana Rally atau penjelajahan dengan finis di Wana Wisata Air Terjun Widuri dan sekitar kawasan wisata. “Di wana wisata air terjun widuri, kita juga melakukan aksi kebersihan lingkungan,” jelas Dwi Anggoro Kasih, Wakil Ketua Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan.

Sedangkan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan di bidang kehutanan, pada kegiatan perkemahan ini juga digelar pemilihan Duta Rimbawan Saka Wanabakti Purwodadi dengan materi tentang empat krida di Saka Wanabakti yang terdiri dari Bina Wana, Tata Wana, Reksa Wana dan Guna Wana ditambah dengan pengetahuan umum serta penilaian kepribadian.


Dwi Anggoro Kasih yang juga Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Lingkungan Perhutani KPH Purwodadi, menambahkan bahwa pembinaan Pramuka Saka Wanabakti yang dilaksanakan oleh Perum Perhutani KPH Purwodadi adalah bagian dari pembinaan generasi muda sebagai kader pelestari hutan dan lingkungan sekaligus memberikan bekal dan ketrampilan di bidang kehutanan. “Kita harapkan mereka akan menjadi generasi yang peduli dengan hutan dan lungkingan,” tuturnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel