Srawung Budaya Jawa Tandai Pembukaan Raimuna


TOROH- Sedikitnya 45 orang anak anak ikut  bermain bersama, ada yang bermain anak egrang, egrang batok, gangsing, dingklik oglak aglik dan ada yang menari, diiringi dengan musik angklung, mereka sangat guyup dan terlihat sangat ceria, sesekali terlihat mereka saling bercanda dengan teman yang ada di sampingnya.
Pemandangan ini terlihat pada saat pembukaan Raimuna Cabang VI Kwartir Cabang 11 15 Grobogan yang dilaksanakan Hari Senin, 15 Mei 2017 di Bumi Perkemahan Kalacakra Desa Tambirejo Kecamatan Toroh Grobogan.
Anak –anak yang berasal dari Desa Godan Kecamatan Tawangharjo ini tampil mengesankan dihadapan peserta upacara yang hadir, menurut pengasuhnya, Suyadi menyampaikan tujuan diadakan pagelaran ini adalah untuk melestarikan permainan tradisional di kalangan anak-anak.
Raimuna Cabang diikuti oleh peserta Pramuka Penegak sebanyak 24 sangga putra dan 22 sangga putri utusan Gugusdepan SMA/MA/SMK dan Pondok Pesantren yang ada di Kwartir Cabang 11 15 Grobogan. Kegiatan akan berlangsung sampai dengan Kamis, 18 Mei 2017.
Berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan di Raimuna Cabang diantaranya adalah kegiatan mengaji bersama setelah sholat magrib, pengenalan Satuan Karya, Pelatihan Mendongeng, Jurnailistik, Pelatihan SAR, Diskusi Penegak dan Pandega, Sosialisasi Narkoba dan Jumpa Tokoh.
Sedangkan untuk giat prestasi para peserta akan berkompetisi pada lomba scout project tentang gerakan gemar membaca, scouting skill, K3 Perkemahan, Pentas Seni, Gebyar Raimuna dan Jurnalistik.
Disampaikan oleh Sumarsono, Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan yang mewakili Bupati Grobogan pada saat membuka kegiatan, bahwa Raimuna merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dengan berbagai aktifitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, yang dikemas dalam bentuk perkemahan sehingga diharapkan dapat membentuk karakter yang lebih baik bagi peserta didik.
Usai membuka acara, Sekda Grobogan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Grobogan dan Ketua Kwarcab Grobogan mengunjungi stand pameran Satuan Karya  Bakti Husada dan menyempatkan minum jamu Segar Secang yang tersedia di stand tersebut, dilanjutkan meninjau tenda perkemahan peserta.  




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel