Diduga Akibat Api Sisa Memasak, Satu Rumah di Tanjungrejo Ludes


WIROSARI- Diduga akibat api sisa memasak, sebuah rumah di Dusun Sawit RT 2 RW 1, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Wirosari, Grobogan ludes terbakar, Minggu(23/7), sekitar pukul 12.30 WIB. Rumah yang terbakar diketahui milik Sukardi (46), tidak ada korban jiw dalam kebakaran ini, namun kerugian ditaksir sekitar 100 juta Rupiah.
Berdasarkan informasi yang didapat Grobogan Today, saat kejadian rumah tersebut dalam kondisi kosong. Beberapa jam sebelum kejadian, pemilik rumah sudah berangkat ke sawah  untuk menyedot air. “Tadi saya ke sawah untuk menyedot air,” aku Sukardi.
Peristiwa kebakaran  pertama kali oleh Suprapto, tetangga korban yang baru saja pulang dari pasar. Saat sampai di depan rumah korban,  api sudah membesar dan memunculkan asap yang cukup tebal. “Melihat kepulan asap tebal, saya langsung berteriak minta tolong,” aku Suprapto.
Mendengar teriakannya, para warga dan petani yang ada disawah segera berlarian menuju perkampungan.Untuk mencegah mengganasnya api, puluhan warga selanjutnya berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Banyak pula pengendara yang melintas di jalan Purwodadi-Blora ada pula yang berhenti  untuk membantu pemadaman. “Saat melihat kobaran api, saya langsung turun membantu memadamkan api,” aku Agus Winarno, anggota Pramuka Peduli Kwarcab Grobogan, yang kebetulan dalam perjalanan dari Purwodadi menuju Wirosari.
Namun, upaya yang dilakukan ini tidak membawa hasil lantaran rumah didominasi bahan mudah terbakar serta adanya hembusan angin cukup kencang saat kejadian. Tidak lama kemudian, dua armada  pemadam kebakaran Grobogan tiba dilokasi kejadian. Meski demikian, petugas pemadam dibantu warga masih butuh waktu lebih dari satu jam untuk melakukan upaya pemadaman sekaligus mencegah menjalarnya api ke rumah lain yang berdekatan.
“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam musibah ini. Namun, rumah dan seluruh isinya habis terbakar. Untuk tafsir kerugian material sekitar Rp 100 juta,” kata Kaur Pembangunan Desa Tenjungrejo Supriyanto.
PJS Kapolsek Wirosari Iptu Eko Bambang saat dimintai keterangan mengenai peristiwa kebakaran menyebutkan, api diduga berasal dapur sisa memasak yang merambat ke jerami  yang ada disebelah dapur. “Diduga api berasal dari sisa memasak,” tuturnya.(iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel