Tegangan Naik Mendadak, Ratusan Barang Elektronik di Sumberjatipohon Rusak

GROBOGAN- Tegangan listrik naik mendadak, ratusan barang elektronik milik warga Dusun Krajan, Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan rusak Selasa (12/9) malam. Atas kerugian ini, warga berharap ganti rugi ke PLN Unit Pelayanan Jaringan Demak.

Menurut warga, kejadian berlangsung sekitar pukul 19.30 WIB. Kenaikan tegangan listrik ditandai dengan nyala lampu yang semakin terang dan mesin televisi, radio, kulkas, dan pompa air yang bersuara."Bunyinya seperti mau meledak dan berlangsung selama beberapa menit. Setelah itu, televisi mati dan keluar asap dari bagian belakang. Dua lampu dan satu televisi milik saya mati," ujar Suparno (56), warga Dusun Krajan saat ditemui Grobogan Today.

Pengakuan yang sama diutarakan Pujihartini(35), akibat kejadian tersebut beberapa barang elektronik miliknya rusak. “Barang elektronik milik saya yang rusak yakni dua buah lampu dan satu mesin cuci. Mesin cuci gak pernah dicabut jadi ikut rusak,” akunya.

Kejadian tersebut membuat warga resah. Namun, mereka tidak bisa mengecek kerusakan peralatan elektronik karena listrik padam. Baru setelah listrik menyala sekitar pukul 18.00, warga menyadari alat-alat elektronik mereka rusak. Beberapa lampu rumah yang mayoritas berupa bohlam kaca putus.”Charger hp juga ikut terbakar semua,” tambah Supardi.

Warga berharap adanya ganti rugi yang diberikan pihak PLN untuk memperbaiki barang elektronik mereka. “Kami berharap PLN bertanggungjawab. Tahu sendiri tarif juga naik, ditambah barang elektronik rusak semua,” harapnya.

Saat dimintai konfirmasi, pihak PLN melalui humas PLN area Demak, Mughofir membenarkan telah terjadi kenaikan tegangan.  Hal ini terjadi akibat netral putus pada Trafo 1 Ph 50 kVA. “Saat kejadian kita langsung melakukan perbaikan. Tadi siang juga dicek kembali oleh petugas Yantek UPG Klambu terkait dampak yang terjadi.Terdapat 2 pelanggan yang TV nya rusak dan 5 buah lampu rusak. Namun saat ini sudah normal kembali setelah dapat diperbaiki. Lokasi pelanggan tersebut di bawah trafo,” ujarnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel