Seribu Pramuka Gelar Pawai Budaya

PAWAI: Dengan berbagai tampilan dan kostum menarik, anggota Pramuka ini memberikan hiburan bagi masyarakat Ngroto, Kecamatan Gubug, kemarin.

GUBUG- Pemandangan menarik terlihat  di sepanjang jalan Desa Ngroto, Kecamatan Gubug Grobogan, kemarin. Seribu Pramuka Penggalang di Kwartir Ranting Gubug menggelar karnaval dengan mengelilingi jalan-jalan desa. Dengan berbagai tampilan dan kostum menarik, anggota Pramuka ini memberikan hiburan bagi masyarakat Ngroto. Hal ini disambut baik warga, mereka dengan sukarela menyediakan minuman dan makanan untuk para peserta karnaval ini.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Jambore IX yang digelar oleh Kwartir Ranting Gubug pada tanggal 3 Oktober 2017 dan berakhir hari ini 5 Oktober 2017 di Lapangan Desa Ngroto. Peserta jambore merupakan utusan dari Gugusdepan pangkalan SD/MI se wilayah Gubug sebanyak 96 Regu dan dari SMP/MTs sebanyak 20 Regu dengan total peserta 1.160 orang.

Menurut  Ketua Panitia Penyelenggara, Teguh Wiratmo bahwa tujuan penyelenggaraan Jambore adalah untuk meningkatkan jiwa kemandirian, ketrampilan dan rasa persatuan diantara Pramuka Penggalang yang didasarkan para Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.”Diharapkan akan bisa melatih kemandirian anggota,” jelasnya.

Selain kegiatan karnaval, para peserta Jambore juga mengikuti apresiasi demo dan yel, pentas seni, penjelajahan, ketangkasan, hasta karya, dan kegiatan bumbung kemanusiaan serta kebersihan, ketertiban di pertendaan. “Dengan mengikuti berbagai kegiatan yang ada, para peserta akan tertanam rasa tanggungjawab yang lebih baik untuk mampu mengatur jadwal bagi pribadi masing-masing dan tentunya dibawah bimbingan dan arahan para pembina pendamping” tambah Teguh.

Sementara itu Camat Gubug sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka, Ahmad Basuki Mulyono yang membuka kegiatan Jambore menyampaikan bahwa kegiatan Jambore merupakan pertemuan bagi Pramuka Penggalang, nilai-nilai kesatuan dan persatuan harus selalu ditanamkan kepada peserta didik, kedisiplin yang tertanam sejak dini pada peserta didik akan membentuk jiwa kepemimpinan dan akan bermanfaat bagi kehidupannya sehari hari. “Kegiatan jambore merupakan kegiatan positif dan bermanfaat bagi pembinaan karakter peserta didik, sehingga saya berharap kegiatan ini secara rutin dan terprogram untuk dapat dilaksanakan” tutur Ahmad Basuki. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel