Banjir Terjang Sentra Genteng Sarip-Karangasem


WIROSARI, Grobogantoday.com- Tak kuasa menampung debit air yang cukup besar, Kali Jamban di Dusun Sarip, Desa Karangasem meluap, Jumat(5/1). Hal ini menyebabkan sejumlah rumah warga dan tempat usaha pembuatan genteng yang berada di sekitar sungai terendam banjir. Akibatnya warga menderita kerugian puluhan juta rupiah karena genteng yang baru diproduksi rusak.

Hujan deras yang mengguyur sekitar tiga jam di daerah pegunungan Kendeng Utara membuat beberapa sungai di Desa Karangasem meluap. Puluhan rumah warga yang berada di sekitar sungai dan berada di dataran rendah tak luput dari terjangan banjir. “Hujan deras banget mulai jam 15.00 WIB. Sekitar pukul 16.00 air mulai masuk ke dalam rumah. Namun rumah yang sudah ditinggikan aman,” jelas Qoril, warga Sarip.

Selain menerjang rumah warga, banjir juga menggenangi puluhan tempat produksi genteng. Ribuan genting yang belum dibakar rusak akibat terendam banjir. Sehingga warga mengalami kerugian  puluhan juta rupiah. “Kasihan yang gentingnya terendam, pasti rugi banyak. Selain itu pasir putih untuk produksi loster putih juga banyak yang hanyut terbawa banjir,” tambah Qoril.


Warga masih tetap bertahan di rumah masing-masing sambil menyelamatkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi. Sampai berita ini diturunkan, hujan masih mengguyur daerah Karangasem dan sekitarnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel