Monday, 9 April 2018

Seberapa Besar Gajah Purba Yang Ditemukan di Grobogan?

FOSIL GAJAH PURBA: Kades Banjarejo, Achmad Taufik berfoto dengan replika fosil paha belakang gajah purba.


GABUS, Grobogantoday.com – Tim  ahli purbakala kembali datang ke Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan. Kedatangan para ahli purbakala ini bukan untuk melakukan penelitian, namun untuk membuat replika fosil Gajah purba di Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo yang saat ini dijadikan museum lapangan. “Beberapa waktu yang lalu memang melakukan penelitian. Namun untuk saat ini, kita akan membuat replika fosil yang telah ditemukan di Dusun Kuwojo,” jelas Al;bertus Nico,Ketua Tim pembuatan replika fosil di Banjarejo.

Tim ini terdiri dari 7 tenaga ahli. Tak hanya dari  dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran saja, tim ini juga berasal dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. “Dari BPSMP Sangiran ada 5 orang, sedangkan dari BPCB Jawa Timur ada dua orang. Kita disini sejak Jumat kemarin,” jelas Nico.

Proses pembuatan replik fosil ini membutuhkan waktu cukup lama.  Menurut Nico, pembuatan replika direncanakan akan berlangsung selama 14 hari. Namun, pihaknya belum bisa memastikan  apakah nanti keseluruhan fosil bisa diselesaikan. “Saat ini kita prioritaskan membuat replika fosil yang ukurannya besar. Proses pembuatan replika ini harus hati-hati dan teliti, tidak bisa dilakukan dengan cepat,” jelas Nico yang juga bertindak selaku ketua tim saat proses pengangkatan fosil dari lokasi temuan pada bulan September 2017 lalu itu.

Tak hanya tim ahli, pembuatan replika fosil gajah purba juga dibantu Komunitas Peduli Fosil Banjarejo. Replika ini nantinya akan ditempatkan di lokasi museum lapangan. “Replika ini nantinya akan disusun seperti aslinya. Jadi nanti kita akan tahu seberapa besar gajah purba yang pernah hidup di wilayah sini. Saya jadi makin penasaran,” jelas Kades Banjarejo, Achmad Taufik.(RE)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com