Warga Manfaatkan Jerami Kering Saat Kemarau Datang

JERAMI KERING: Ahmad Taufik, Kades Banjarejo tunjukkan jerami kering yang dimanfaatkan warganya untuk pakan ternak saat musim kemarau tiba. 


PURWODADI, Grobogantoday.com- Kekeringan yang mulai dirasakan di sejumlah daerah di Kabupaten Grobogan, membuat peternak terus berinovasi untuk mendapatkan pakan. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan jerami kering.

"Salah satu langkah kuno yang dilakukan yakni dengan memanfaatkan dami atau batang padi yang disimpan untuk memberi pakan ternak," kata Riyanto, Kepala Dinas Peternakan Kabuoaten Grobogan, Selasa (31/7).

Biasanya, jerami disimpan sejak panen lalu, ditambahkan nutrisi untuk kemudian diberikan sebagai pakan ternak. Tidak saja dami, di Grobogan sebagai penyuplai daging di Jateng, juga telah banyak dijual rumput yang ditanam di sekitar kawasan hutan.

"Perternakan telah menjadi sumber kehidupan warga sejak lama. Jadi mereka selalu berupaya mencari terobosan pakan. Saat ini belum ada keluhan dari para peternak," kata Riyanto.

Peternak, di Grobogan lebih didominasi warga yang tinggal di wilayah sebelah timur Sungai Tuntang. Biasanya mereka masih melakukannya secara tradisional. Sambil menunggu panen, biasanya petani beternak. "Daripada menganggur usai musim tanam, beternak bisa menjadi salah satu solusi menambah pendapatan," tambahnya.

Biasanya, bagi warga yang tinggal di sekitar pengairan dan kawasan hutan memilih mengajak hewan ke ladang. "Selama petani bertani, hewan cari pakan disekitar mereka. Saat pulang peternak membawa rumput untuk makanan di rumah. Jadi belum beternak murni,"  katanya.

Namun untuk peternak kambing, biasanya warga memberikan pakan berupa daun-daunan di sekitarnya.  "Jika ternak kambing lebih sering dicarikan daun-daunan pagar rumah. Daun yang masih menghijau kami jadikan makanan kambing," aku Sutar, warga Tanggungharjo.

Ahmad Taufik, Kades Banjarejo menjelaskan,  warga di desanya juga memanfaatkan jerami kering untuk pakan ternak. Biasanya jerami yang sudah dikeringkan diletakkan di luar rumah. Jika musim kemarau sudah tiba, jerami kering ini baru dimanfaatkan. "Saat seperti ini kan mencari rumput susah. Makanya mereka memanfaatkan jerami kering untuk pakan ternak mereka," ungkapnya.  (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel