-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tenang, Sapi di Grobogan Bisa Diasuransikan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tenang, Sapi di Grobogan Bisa Diasuransikan



PURWODADI,Grobogantoday.com- Sekarang pemilik sapi tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ketika sapi mereka mengalami insiden kecelakaan seperti luka atau bahkan  mati, peternak bisa mendapatkan uang hingga Rp 10 juta. “Tidak hanya jika ada insiden sapi mati, tapi sapi hilang juga diberi ganti uang pengganti,” kata Riyanto, Kepala Dinas Pertenakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, kemarin.

Riyanto menambahkan, uang ganti rugi diberikan dalam program asuransi hewan ternak yang diberikan pemerintah pusat kepada peternak. “Tahun kemarin (2017) ada  500 peternak yang mengasuransikan ternak mereka. Beberapa mendapat keuntungan dengan program asuransi ini. Seperti peternak dari Gubug, sapinya yang hilang mendapat asuransi Rp 10 juta. Ada juga yang sapinya sakit karena terpeleset. Namun, nilai tanggungan tertinggi yang diberikan hanya Rp 10 juta,” katanya.

Tidak saja tindak criminal, asuransi juga mengcover bagi hewan milik peternak yang menjadi korban insiden kebakaran. Dimana, sejumlah ternak menjadi korban kebakaran pada kemarau 2018. “Jika diasuransikan, hewan yang terbakar juga bisa mendapat ganti,” tambahnya.
Tahun 2018, jumlah peternak di Kabupaten Grobogan yang tercover asuransi  meningkat hingga dua kali lipat. “Nilai premi tetap sama Rp 40 ribu per tahun dan nilai klaim asuransi masih sama yakni Rp 10 juta membuat peternak banyak yang mengasuransikan hewan ternak mereka,” tambah Riyanto.

Selain bantuan tanggungan asuransi, Dinas Perternakan dan Perikanan juga berupaya membina warga dengan membantu di bidang permodalan dan pemasaran. “Kita dalam kegiatan expo tahunan juga memberi kesempatan peternak dan perbankan. Agar peternak bisa mendapat modal usaha,” tambahnya.(pj)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post