Dikebut, PKL Disediakan Lahan Relokasi



PURWODADI,Grobogantoday.com- Sebanyak 154 pedagang  di Jalan R.Suprapto Purwodadi, Grobogan harus memindahkan lapak dagangan mereka lantaran trotoar yang selama ini digunakan untuk jualan direnovasi.  Pasalnya pembangunan yang direncanakan dilakukan di satu sisi, saat ini dilakukan di dua sisi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Grobogan, Karsono menjelaskan, pedagang, harus terkena dampak percepatan pekerjaan pembangunan jalan yang dilakukan oleh dinas pekerjaan umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Kabupaten Grobogan. Jika sebelumnya direncanakan akan memanfaatkan sisi timur trotoar sebelum pekerjaan selesai. Sekarang semua harus keluar dari Jalan R Soeprapto.“Karena ada percepatan pembangunan trotoar, maka pedagang harus ditampung sementara di sejumlah tempat berbeda,” ungkap Karsono.

Saat ini para pkl harus pindah ke beberapa titik,  diantaranya di sisi utara perempatan kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) hingga ke RS Yakum.  Pusat kuliner, menurut Karsono, yang akan digunakan untuk relokasi hanya bisa menampung 70 pedagang diperkirakan akan siap digunakan dua bulan lagi. “Saat ini pusat kuliner tinggal buat rollingdoor dan toilet umum saja. Sebagian pedagang lainnya akan di tamping di sekitar Jalan Sutomo.,” katanya.

Menurut  Sekretaris Dinas PUPR Endang Sulistyoningsih,  sebelumnya disepakati PKL baru pindah setelah sisi barat selesai dikerjakan. Lantaran pihaknya diburu tenggat waktu pengerjaan, rencana tersebut berubah.  “Sebelumnya memang direncanakan seperti itu, ternyata perhitungan kami salah. Saat ini pengerjaan kita lakukan  di 4 titik sekaligus, dua di sisi utara dan dua di sisi selatan,” jelasnya.

Endang berharap PKL memahami kondisi tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar pembangunan. Ia menambahkan, saat ini telah disiapkan hamparan lahan kosong di depan kantor DLH. Sebanyak 154 pedagang nantinya akan menempati lokasi di sana. “Untuk fasilitas PKL, seperti air, listrik, dan pengelolaan sampah, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Pengelolaan sampah nanti bisa langsung ditangani DLH dan air, nanti kami koordinasi dengan PDAM,” jelasnya. (pj)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel