Iklan Billboard 970x250

HGB Pasar Purwodadi Akan Habis, Pengelolaan Akan Pindah ke Pemkab

HGB Pasar Purwodadi Akan Habis, Pengelolaan Akan Pindah ke Pemkab



PURWODADI,Grobogantoday.com- Setelah 25 tahun berlaku, Hak Guna Bangunan(HGB) Pasar Purwodadi akan habis tahun 2020 nanti.  Tahun ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Grobogan mulai gencar kembali melakukan sosialisasi ke pedagang. Demikian diungkapkan Kepala Disperindag Grobogan Karsono kepada Grobogantoday.com.

“Langkah tersebut dilakukan sebagai ekstensifikasi dalam rangka mencari sumber restribusi baru atau tepatnya untuk menampah pendapatan asli daerah (PAD) Grobogan. HGB milik pedagang dan sertifikat hak milik (HM) atas tanah yang dimiliki investor habis pada waktu yang bersamaan yakni pada 2020,” jelasnya.


Karsono menjelaskan, pihaknya akan  segera melakukan sosialisasi ke seluruh pedagang di Pasar Purwodadi. Sebelumnya, petugas juga sudah melakukan pendataan. Terdata ada sekitar 1.300 pedagang. ”Rencananya setelah pelaksanaan pemilu akan kami lakukan sosialisasi. Saat pedataan pada 2007 silam, ada sebanyak 308 toko dan 985 los. Namun dilihat dari jumlah pedagang di Pasar Purwodadi tersebut, kemungkinan hanya yang memiliki kios resmi yang memiliki HGB,” ungkapnya.


Karsono menambahkan, sebelumnya sempat ada kontra dari pedagang, namun pihaknya akan mencarikan solusi terbaik. ”Setelah HGB habis, maka pengelolaan kembali ke pemerintah kabupaten (pemkab). Hak pengelolaan pindah ke pemkab, tentu nama pemilih kios tetap sama. Setelah kembali ke pemkab maka penataan dan perawatan akan menjadi tanggungjawab pemkab. Mengingat selama ini pasar belum pernah ada perbaikan, karena terkendala HGB,” ujarnya.


Tak hanya itu, setelah kembali menjadi milik pemkab, yang akan menempati kios tetap pedagang lama yang sebelumnya memiliki HGB. Nantinya pedagang hanya akan dikenai biaya restribusi sampah dan pemakaian. ”Selama ini pedagang tidak dikenai restribusi, hanya membayar biaya kebersihan sampah saja,” ungkapnya. (RE)



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post