-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Relawan Demokrasi Harus Menjaga Netralitas

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Relawan Demokrasi Harus Menjaga Netralitas




GROBOGANTODAY. COM
- Relawan demokrasi harus bisa menjaga netralitas. Demikian diungkapkan Ngatiman, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, dalam seleksi wawancara  calon relawan demokrasi dilaksanakan di Aula KPU Grobogan, Senin (31/8/2020).

"Artinya tidak boleh ada yang memihak pada pasangan calon bupati dan tidak boleh menerima sesuatu dalam bentuk apapun selama menjalankan tugas sebagai relawan," tambahnya. 
 
Pihaknya juga menjelaskan tentang apa saja yang perlu dilakukan tiap-tiap basis. Adapun delapan basis yang dibentuk KPU Grobogan antara lain, basis keluarga, keagamaan, pemilih pemula, pemilih muda, warga internet, komunitas dan basis penyandang disabilitas serta basis perempuan.

"Misalnya pada basis pemilih pemula bisa melakukan sosialisasi kepada komunitas-komunitas yang isinya pemilih baru, yakni warga yang berusia 17 tahun dan sudah mempunyai KTP Elektronik. Caranya bisa dengan masuk pada komunitas OSIS, pramuka atau PMR. Itu hanya gambaran saja," ujar Ngatiman.

Dikatakan Ngatiman, para personel relawan demokrasi yang diterima ada yang sudah pernah ikut pada pemilu sebelumnya. Beberapa diantaranya masih baru.

"Rata-rata ada yang sudah pernah ikut relawan demokrasi sebelumnya. Ada juga yang baru. Maka, di sini juga ada sharing satu sama lain dengan relawan yang lama," jelasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut, lima anggota Komisioner KPU Grobogan antara lain Agung Sutopo, Ngatiman, Suwiknyo, Djoko MP dan M. Machruz.

Setelah diadakan seleksi wawancara, para pelamar dikumpulkan di Aula KPU Grobogan. Di tempat tersebut, mereka dijelaskan gambaran terkait tugas yang akan dilaksanakan di lapangan nanti.

Selain itu, pemaparan-pemaparan dari komsioner dari masing-masing divisi juga disampaikan dalam kegiatan ini. Harapannya, mereka dapat berperan serta membantu KPU Grobogan dalam menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pilbup Grobogan yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam pemaparannya, Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menjelaskan dalam relawan demokrasi ini dibuka delapan basis. Di masing-masing basis ini diisi 4-5 orang. Rata-rata mereka yang terpilih ini pernah menjabat sebagai relasi di tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ada beberapa relasi yang baru kali pertama masuk dalam relawan demokrasi ini.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Agung optimis para relawan demokrasi ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Bahkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan di lapangan dapat memberikan hasil terbaik yakni jumlah pemilih sesuai dengan target. Hal ini dikarenakan, para relawan menjadi target utama dalam punya peran penting dalam meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

"Optimis sekali sebab di masa pandemi ini, masyarakat sudah terbiasa dengan adaptasi kebiasaan baru, sehingga pelaksanaan sosialisasi bisa dilakukan dengan protokol kesehatan dan ini relawan demokrasi punya peran penting kesuksesan Pilbup Grobogan, yakni meningkatkan jumlah partisipasi pemilih," ujar Agung.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post