-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tidak Memiliki Kartu Tani Tetap Bisa Mendapatkan Pupuk Bersubsidi

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tidak Memiliki Kartu Tani Tetap Bisa Mendapatkan Pupuk Bersubsidi


GROBOGANTODAY.COM - Petani di Kabupaten Grobogan tidak perlu khawatir dan resah jika belum memperoleh kartu tani atau sudah memperoleh tapi belum teraktivasi untuk pembelian pupuk bersubsidi. Petani tetap dapat melakukan pembelian pupuk subsidi secara manual dengan syarat yang berlaku.


Mengacu pada SE Kementan RI mulai 1 September 2020 pendistribusian pupuk bersubsidi kepada petani harus dilakukan dengan menggunakan Kartu Tani. Ternyata surat itu dinamis, pupuk bersubsidi bisa diambil oleh para petani dengan manual. Namun harus sesuai dengan e RDKK. Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto, Jumat(9/10/2020).


"Adapun untuk mekanismenya, para petani harus menggunakan Formulir (Form) pembelian. Adapun form tersebut sesuai dengan jatah yang ada di elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK)," jelasnya. 


Sunanto menjelaskan, tahun 2020 ini, untuk pupuk Urea,  Kabupaten Grobogan mendapatkan alokasi sebanyak 77 ribu ton. Alokasi tersebut  lebih besar dari tahun 2019.  


"Sudah ada penambahan dari tahun sebelumnya. Sehingga tidak mungkin pupuk tidak cukup," ujarnya. 


Ia menambahkan, adanya kesan pupuk subsidi langka disebabkan karena para pengecer pupuk belum menebus pupuk. Hal ini bisa dimaklumi, karena saat ini belum memasuki masa tanam. Dari   83 ribu  hektar area tanam,  baru 4500 ha yang memasuki masa tanam.  Musim tanam secara luas diperkirakan mulai pertengahan  November.


"Kami telah meminta kios pengecer untuk segera menebus pupuk, mengisi gudang sesuai e-RDKK yang mereka terima. Sehingga petani tidak kesulitan mencari pupuk," tegasnya. (RE) 


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Katanya harga udah yampek 200 keatas ituh sama aja matiin petani lama2 gulung tikar harga panen gk menyukupi buat beli benih n pupuk.

    ReplyDelete
  2. Untuk daerah jetaksari pulokulon kacang hijau jagung kedelai harga gk pernah memuaskan padi lumayan tp cuma 1 kali n pupuknya dimahalin apes

    ReplyDelete

Post a comment

Iklan Tengah Post