-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Jelang Hari Jadi Grobogan Ke-296, Bupati Grobogan Ziarah ke Makam Leluhur

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Jelang Hari Jadi Grobogan Ke-296, Bupati Grobogan Ziarah ke Makam Leluhur

Bupati Grobogan,Sri Sumarni saat ziarah ke makam Ki Ageng Selo.

GROBOGANTODAY - Kabupaten Grobogan sebentar lagi berusia 296 tahun. Banyak perubahan dan perkembangan yang terlihat, terutama pembangunan insfranstruktur.Namun, perkembangan itu tidak boleh membuat masyarakat Grobogan lupa terhadap asal usulnya. Yakni sejarah besar yang berpijak di kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah itu. Hal itu dikatakan Bupati Grobogan Sri Sumarni usai ziarah di makam para leluhur Kabupaten Grobogan, Kamis (17/2/2022).


” Empat tokoh ini merupakan leluhur bagi masyarakat Kabupaten Grobogan. Ki Ageng Tarub, Ki Ageng Getas Pendowo dan Ki Ageng Selo juga leluhur bagi raja-raja di Mataram pada masa itu. Sedangkan Pangeran Puger merupakan bupati pertama Grobogan. Jadi Masyarakat Grobogan tidak boleh melupakan jasanya ,” kata Sri Sumarni.


Kegiatan itu pun sudah menjadi tradisi bagi pemerintah dan masyarakat. Dalam agenda ziarah itu, dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan Bupati Grobogan bersama Dandim 0717 Grobogan, Kejari Grobogan, Wakil DPRD dan sejumlah OPD melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Tarub dan Ki Ageng Selo. 


Sedangkan satu rombongan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Grobogan, ziarah ke makam Ki Ageng Getas Pendowo di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi dan makam Bupati Grobogan pertama Adipati Puger di Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan.


”Sejak dari dulu tradisi ziarah ke makam-makam  leluhur dilakukan masyarakat Grobogan. Ini juga sudah menjadi agenda tahunan bagi pemerintah Grobogan yang dilakukan setiap HUT Grobogan,” ujarnya. 


Selain melakukan doa bersama di makam leluhur tersebut, rombongan juga melakukan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada warga sekitar.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post