-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Antisipasi PMK, Sejumlah Hewan Kurban Diperiksa

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Antisipasi PMK, Sejumlah Hewan Kurban Diperiksa


GROBOGANTODAY - Untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK)  5 ekor sapi hewan kurban Polres Grobogan pengecekkan kesehatannya, Sabtu (9/7). Pengecekan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan, Riyanto. 


Bersama tim, satu per satu hewan kurban tersebut diperiksa secara teliti di halaman belakang Mapolres Grobogan. 


“Seluruh hewan kurban Polres Grobogan dinyatakan sehat dan bagus, tidak ada Gejala PMK, umurnya juga sudah mencukupi,” kata drh Riyanto.


Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Grobogan drh Riyanto juga menyampaikan, dalam rangka menjamin keamanan ternak Kurban di saat wabah PMK ini, dalam hal ini Dinas Peternakan telah menerjunkan tim untuk melaksanakan pemeriksaan di tempat penjualan ternak tempat pengepul penjualan hewan Kurban.


“Yang lolos kita beri label sudah diperiksa dan lolos untuk bisa digunakan Kurban,” terang drh Riyanto.


Ia juga menjelaskan, saat pemotongan hewan kurban, dinas peternakan juga telah membentuk tim pemeriksa di masing – masing korwil Kecamatan terdiri dari paramedic yang tugasnya melaksanakan pemeriksaan sebelum dan sesudah pemotongan hewan kurban serta dalam pembagian hewan kurban.


“Tim ini bertugas untuk memastikan ternak sebelum dipotong sesuai dengan persyaratan, termasuk juga tidak ada indikasi PMK,” terang drh Riyanto.


Riyanto juga mengimbau, untuk mencegah menyebarnya virus PMK, jeroan tidak dicuci di sungai atau saluran.


“Sediakan kubangan, dan air untuk mencuci jeroan,” terangnya.

SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post