Cegah Pungli di Samsat,Kasatlantas Sidak Mendadak



GROBOGAN - Untuk mengantisipasi praktik percaloan dalam pelayanan perpanjangan pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Samsat Online Grobogan,satlantas Polres Grobogan, bersama sejumlah anggota Propam Polres dan tokoh masyarakat  melakukan inspeksi mendadak (sidak). Sidak untuk mendukung Program Prioritas Kapolri (Promoter) yang dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Grobogan AKP.Panji Gedhe Prabowo,SH.SIK,Senin (17/10).

Sidak dilakukan sekitar  pukul 11.00 dengan pemeriksaan dimulai dari loket pendaftaran mutasi, pendaftaran pajak kendaraan, cek fisik, input data, cetak STNK hingga loket penyerahan STNK.Kasatlantas Polres Grobogan ,AKP Panji Gedhe Prabowo,SH.SIK ,mengatakan, sidak di Samsat Online Kabupaten Grobogan guna mengantisipasi praktek percaloan, pungli, administrasi tidak lengkap dalam pengurusan pajak kendaraan maupun tindakan intimidasi yang dilakukan."Upaya pencegahan praktek percaloan dan pungli sesuai commander wish Kapolri tentang Program Prioritas Kapolri (Promoter),” katanya.

Pemantauan dilakukan  kepada petugas samsat maupun kepada masyarakat yang tengah mengurus pajak kendaraan. Pemeriksaan dimulai dari loket pendaftaran mutasi, pendaftaran pajak kendaraan, cek fisik, input data, cetak STNK hingga loket penyerahan STNK. Semua loket tidak luput dari pengawasan .Sesekali petugas juga menanyakan calon pengurus pajak kendaraan. Dengan menanyakan admistrasinya sudah lengkap belum, anggota juga meminta dalam pengurusan pajak kendaraan tidak usah menggunakan jasa orang lain atau calo yang menjanjikan bisa memudahkan untuk mempercepat pengurusan.“Anggota juga memberikan pesan secara langsung untuk tidak melalui calo dan agar diurus sendiri,” lanjutnya.

Siti(38),salah seorang calon pengurus pajak kendaraan mengaku ,pelayanan sudah cukup bagus."Pelayanan cepat,dan tidak ada pungli,"akunya.
Selain melakukan sidak mendadak,juga dilakukan  deklarasi Samsat Online Kabupaten Grobogan bebas pungli.Deklarasi tersebut ditangani oleh Kasatlantas Polres Grobogan,Kasi Propam Polres Grobogan,Kepala UP3AD Kabupaten Grobogan,Kasiwas Polres Grobogan,Jasa Raharja dan tokoh masyarakat.

Kasi propam Polres Grobogan,Iptu Salamun mengungkapkan,setiap harinya nanti petugas provos akan  melakukan patroli pengawasan di Samsat Online Kabupaten Grobogan."“Tujuannya untuk menekan praktek percaloan, ini bukti bahwa kami serius untuk meniadakan praktek percaloan di Samsat Online  Kabupaten Grobogan.Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang hendak mengurus pajak kendaraan sekarang sudah ada sistem online atau Samsat online guna memudahkan dalam pengurusan,” imbuhnya.Lanjut Kasi Propam, dalam sidak kali ini di Samsat Online Kabupaten Grobogan,pihaknya tidak menemukan percaloan ataupun pungli di samsat tersebut. “Kalaupun ada kita akan beri sanksi tegas,” pungkasnya.

Kepala UP3AD ,Eko amitoyo,SH menambahkan,untuk mewujudkan pelayanan prima,Samsat Online Kabupaten Grobogan mencanangkan  samsat cepat tanpa  syarat ."Cukup dengan STNK dan KTP,satu setengah menit jadi," jelasnya.Selain itu,Samsat online Kabupaten Grobogan juga melakukan Samsat keliling di setiap Kecamatan.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel