Gelar Razia,Polantas Dirazia Propam




GROBOGAN– Maraknya pungli di jalan raya,membuat orang nomer dua di Mapolres Grobogan,Wakapolres Kompor Wahyudi melakukan sidak saat belasan petugas Lantas Polres Grobogan melakukan operasi kendaraan bermotor di Jalan Diponegoro Purwodadi, Selasa (25/10).Para petugas  sempat kaget karena didatangi Wakapolres Kompol Wahyudi bersama Kasi Propam.

 Wakapolres  mencari penanggungjawab razia.Perwira pengendali selaku penanggungjawab razia langsung diminta untuk menunjukkan surat perintah tugas.“Ada surat tugas?” tanya Wakapolres yang datang didampingi Kasi Propam Iptu Salamun, Kasat Lantas Panji GP dan Kasiwas Iptu Sukanso. “Siap, ada,” jawab Kanit Patroli Iptu Hildan yang memimpin operasi.

Selain itu, Kasi Propam juga mengecek ada dan tidaknya papan operasi, karena sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1993, papan pemberitahuan adanya operasi kendaraan yang dikenal dengan papan tilang harus ada dan diletakkan sekitar 100 meter dari lokasi tempat operasi.

Wakapolres kemudian memberikan arahan supaya tidak menawarkan damai kepada para pelanggar.Sebaliknya,tawaran damai dari pelanggar juga harus ditolak,karena masuk kategori pungli.

Tidak hanya itu, belasan petugas Polantas tersebut juga diamati cara menghentikan setiap pengendara sepeda motor. Termasuk ada dan tidaknya main mata antara petugas dengan pengendara sepeda motor yang tidak bisa menunjukkan SIM dan STNK. “Petugas harus bersih dari kasus pungutan liar (pungli),” tegas Iptu Salamun..

Meski tidak menemukan praktek pungli,namun Wakapolres menemukan sejumlah polisi lalu lintas yang kurang humanis dalam melakukan razia."Mereka terkesan galak dan tidak ramah dalam memeriksa surat-surat kelengkapan kendaraan," ungkap Kompol Wahyudi.

Sebelum melakukan razia petugas, Wakapolres bersama Kasi Propam Iptu Salamun, Kasat Lantas Panji GP dan Kasiwas Iptu Sukanso, mengecak di ruang pelayanan cek fisik dan mutasi kendaraan serta ruang pelayanan bayar pajak kendaran bermotor.  Di tempat itu, tidak diteukan praktek pungli. Bahkan pelayanan berjalan cepat dan lancar.

Wakapolres menambahkan bahwa  bersama Propam akan rutin mengawasi anggotanya,untuk memastikan tidak ada praktek pungli di wilayah Polres Grobogan .(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel