Kedelai Grobogan Harus Segera Dipatenkan



GROBOGAN - Berbagai upaya terus dilakukan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Firman Subagyo dalam mewujudkan masyarakat daerah pemilihan menjadi lebih baik.Salah satu yang dilakukan Firman yakni bertemu dengan konstituen setiap kali datang reses.


“Sudah menjadi kewajiban dan komitmen setiap kali datang reses kita harus turun ke dapil, salah satu tujuannya bertemu dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi,” ujar Firman dalam pernyataannya, Selasa(8/11).
Menurut anggota DPR RI  dapil Jawa Tengah III ini, mengaku banyak permintaan dan masukan ketika dirinya berkunjung ke dapil, diantaranya dari peserta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Masa reses kali ini,Firman berkunjung ke Kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah yang merupakan penyangga pangan Nasional.Didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni,Dandim 0717 Purwodadi serta Ketua Komisi B DPRD Grobogan,Boedi Susilo,Firman meninjau Unit Pengolahan Pupuk Organik serta kandang sapi milik KODIM 0717 Purwodadi di Dusun Pucang,Kelurahan Grobogan,Kecamatan Grobogan.


Selain itu,Firman juga menyerahkan alat pertanian berupa traktor roda 2,traktor roda 4 serta mesin pompa air.“Pertanyaan banyak dilontarkan para petani agar pemerintah dapat memperhatikan nasib petani menjadi lebih baik, dan juga program bantuan untuk petani. Tertuma bagaimana solusi lahannya mendapatkan aliran air ketika musim kemarau tiba,” papar Firman.


Lanjut Firman, sulitnya komunikasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat akan dijembatani .”Tahun depan akan kita bantu lagi.Untuk dinas terkait,segera inventarisir kebutuhan apa yang dibutuhkan petani Grobogan.Petakan daerah mana yang memerlukan bantuan ,saya akan perjuangkan di DPR,” pungkasnya.


Firman menambahkan,untuk mencapai swasembada pangan taklagi harus dengan memperluas lahan pertanian.Namun,harus berupaya mengembangkan teknologi pertanian.”Saat ini Amerika dan Belanda merupakan pengekspor beras terbesar di dunia.Belanda yang memiliki lahan pertanian yang tidak luas namun ekspornya tinggi.Maka kita yang memiliki lahan yang luas juga harus bisa,” terangnya.


Atas masukannya, ia berjanji akan memperjuangkan masukan dari petani.
Upaya tersebut diharapkan para petani di wilayahnya menjadi lebih baik dan kesejahtraanya terjamin.
“Kita akan terus perjuangkan nasib petani agar mereka nyaman dalam mengelola hasil taninya. Program-program bantuan yang berasal dari pemerintah harus tepat sasaran dan sesuai dengan prosedur. Tentunya pemerintah harus terus berupaya meningkatkan program-program bantuan untuk petani ,” katanya singkat.


Disisi lain manajemen sumber daya manusia harus berjalan dengan baik, tertuma pemerintah harus mempunyai peran untuk melakukan pendampingan dan pengawasan supaya program bantuan dapat berjalan dan bermanfaat.
“Saya akan dukung bilamana pemerintah memberikan program yang mengutamakan kesejahteraan rakyat, meski kepala daerah bukan dari partai yang sama,” ujarnya.


Firman berpesan kepada gapoktan penerima bantuan agar menjaga dengan baik bantuan yang telag diberikan pemerintah.”Jangan hanya dipakai untuk kelompoknya sendiri.Jika ada yang membutuhkan,pinjamkan,” pesannya.


Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang ikut mendampingi kunjungan Firman Subagyo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada anggota DPR RI tersebut yang telah berkunjung ke Grobogan untuk menyerap aspirasi petani Grobogan.


Di sela-sela kunjungannya,Firman Subagyo menyempatkan diri melihat Rumah Kedelai Grobogan.Firman berpesan,agar segera mematenkan kedelai Grobogan karena kedelai varietas ini terbaik di dunia.”Jangan sampai kedelai Grobogan diserobot bangsa lain,” imbuhnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel