Warga Manggarmas Manfaatkan Semburan Gas Untuk Memasak



GROBOGAN-Sebuah keluarga di Desa Manggarmas,Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah, memanfaatkan gas alam untuk aktivitas sehari-hari.Gas alam ini  terdapat di tanah tempat tinggal keluarga Ngatmin.

Ngatmin (60)  mengaku menemukan sumur gas alam yang keluar dari perut bumi, saat mereka berniat membuat sumur bor di halaman rumahnya,10 tahun lalu. Namun saat pengeboran mencapai kedalaman 40 meter bukan air yang keluar tetapi gas alam yang keluar.”Waktu itu air menyembur bersama gas.Kemudian saat disulut dengan korek mengeluarkan api,” jelasnya.
Saat itu,sumur yang mengeluarkan gas ini pun kemudian ditutup dan diberi pralon agar gas bisa dimanfaatkan. “Selama 10 tahun gas ini saya gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti memasak. Selain itu gas alam ini juga  saya manfaatkan untuk usaha air minum untuk dijual demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk satu galon saya jual ke tetangga  sebesar Rp 2.500 per galon,” tutur Ngatmin.

Rahmawati(27),putri dari Ngatmin menuturkan,saat ini dia hanya bisa menggunakan gas tersebut untuk memasak.”Gasnya terlalu besar,sehingga kalau untuk menggoreng kebesaran apinya,jadinya gak bagus,” jelasnya.


Hingga sekarang gas alam ini masih tetap menyala, keluarga Ngatmin mengaku tidak takut menggunakan gas alam yang keluar dari bawah tanah miliknya. Selain hemat, gas alam ini cukup untuk memenuhi kebutuhan gas dalam urusan rumah tangga.”Alhamdulillah dengan adanya gas ini,kita sekeluarga gak perlu lagi memikirkan untuk membeli tabung gas,” imbuh Rahmawati.

Rahmawati menambahkan,saat ini di desanya ada beberapa keluarga yang memanfaatkan gas alam untuk memasak.”Tak hanya disini,tapi ada belasan keluarga yang memanfaat gas ini,”ungkapnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel