Puluhan Tahun Rusak,Jalan Bologarang Ditanami Pisang


GROBOGAN – Rusaknya jalan Sedadi-Karangrayung, tepatnya di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan yang berlangsung puluhan tahun membuat sejumlah warga geram. Warga pun telah hilang rasa kesabarannya, sehingga mereka pun menanami jalan dengan pohon pisang di sejumlah titik jalan yang rusak parah.

Warsito(49), warga Desa Bologarang yang juga menjabat sebagai Ketua RT 02/01 mengungkapkan bahwa kerusakan jalan yang terjadi di desanya sudah berlangsung sejak dia masih kecil hingga sekarang. “Sejak saya masih kecil sampai usia saya yang mendekati kepala 5, belum pernah menikmati jalan yang mulus di desa kami. Kami juga bayar pajak, kami juga warga Indonesia. Tapi mengapa jalan kami tidak pernah dibangun,” keluhnya.

Warsito menambahkan, jalan penghubung Kecamatan Penawangan dengan Kecamatan Karangrayung ini akan sulit dilewati jika musim hujan seperti ini. Jalan berlubang dan berlumpur membuat sejumlah kendaraan roda empat sulit untuk melintas. “Kalau sepeda motor bisa selip sana-sini, kalau mobil atau truk bagaimana?” tuturnya.

Selama ini warga berinisiatif sendiri untuk memperbaiki jalan agar bisa dilewati kendaraan roda empat. “Jika panen raya, warga menutup sendiri jalan-jalan berlubang agar truk pengangkut hasil panen bisa lewat. Kalau dibiarkan gak bakalan bisa lewat,” aku warsito.

Sulasih(55), menuturkan jika jalan tersebut merupakan jalur utama warga desa jika hendak ke Puskesmas dan sekolah. “Kalau musim hujan gini kasihan ibu-ibu hamil yang akan melahirkan di Puskesmas. Jalannya parah banget, padahal sejumlah desa di Kecamatan Penawangan pasti ke Puskesmas untuk melahirkan,” tuturnya.

Warga berharap, jalan utama di desa mereka segera mendapatkan perhatian dari dinas terkait. “Kalau tidak dicor sekarang, paling tidak jalannya dibikin rata. Bisa dikasih batu atau apa gitu. Gak terus dibiarkan seperti ini saja,” pinta warga.(iyantre)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel