Tanamkan Kecintaan Anak Kepada Polisi


GROBOGAN – Upaya  menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi dilakukan sejak dini oleh Polres Grobogan.Bertempat di kantor Sat lantas Polres Grobogan, polisi dan  polwan cantik ini   menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak), bersama murid TK Dharma Wanita Danyang Purwodadi., kemarin pagi.

Kegiatan ini dipimpin Kaur Bin Ops Lantas Iptu Hasto dan Kanit Dikyasa Ipda Sutarjo bersama anggota Polwan Sat Lantas Polres Grobogan, diikuti sekitar 70 anak. Kegiatan dimulai dengan perkenalan rambu – rambu lalu lintas, senam dan memperagakan gerakan kreasi pelopor yang diciptakan dan dipandu tiga polwan.“Kegiatan ini bagian dari program pendekatan kepada anak-anak usia dini sekaligus menjadikan Polantas sebagai sahabat anak,” kata Kasat Lantas AKP Panji Gede Prabawa SIK SH.

Kasat Lantas mengatakan, Selain kegiatan Polsanak yang digelar di Mapolres, juga dilaksanakan secara kontiniu ke sekolah-sekolah baik TK maupun SD, bekerjama dengan pihak sekolah. Tujuannya untuk menanamkan kepada anak-anak sejak dini mengenal dan tahu tentang tertib berlalu lintas. Sehingga sejak usia dini telah mengenal mengenai aturan lalulintas.“Tujuan jangka panjangnya tumbuhnya kesadaran masyarakat sehingga angka pelanggaran dan lakalantas terus bisa ditekan,” katanya.

Dengan metode ini nampak dari wajah-wajah mereka yang ceria  sehingga  tidak tampak rasa takut ketika bertemu dengan Polisi. Padahal di lapangan biasanya polisi selalu menjadi sosok menakutkan bagi anak-anak. Terlebih para orangtua terkadang menggunakannya untuk menakut-nakuti anak jika rewel atau nakal.
Menurut  salah seorang guru siswa, Kegiatan Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif. Terlebih anak-anak dikenalkan dengan berbagai hal seperti tugas polisi, rambu-rambu lalu lintas, dan lainnya.“Saya pikir kegiatan ini sangat bagus. Apalagi bisa memperbaiki citra polisi. Soalnya anak-anak kadang takut sama polisi. Setelah dikenalkan langsung, ternyata polisi ramah-ramah,” jelasnya.
Keakraban anak-anak juga terlihat jelas, ketika petugas Ipda Sutarjo mengajak beryanyi sambil memperkenalkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas.Tujuan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini adalah untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak dini. Selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak kalau sudah dewasa bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalu lintas.(IYA) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel