Kirab Budaya Hari Jadi Grobogan Berlangsung Meriah


GROBOGAN – Rangkain acara untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Grobogan ke-291 terus digelar. Kirab budaya yang merupakan salah satu rangkain wajib digelar, kemarin. Bupati Grobogan, Sri Sumarni secara langsung memberangkatkan para peserta kirab budaya yang berjumlah 16 kelompok inti dan 7 kelompok pendukung didampingi semua FKPD dari halaman Pendopo Kabupaten.

Ribuan warga sangat antusias menyaksikan acara tahunan ini. Warga berjubel mulai titik pemberangkatan, hingga sepanjang jalan menuju finish di depan SMA Negeri 1 Purwodadi. “Setiap tahun saya pasti melihatnya, saya jauh-jauh pulang dari Jakarta hanya ikin menyaksikan acara hari jadi,” tutur Indah.

Ungkapan  yang sama diutarakan Dian, dia jauh-jauh dari Kecamatan Kradenan hanya untuk menyaksikan kemeriahan hari jadi. “Ini kan setahun sekali, walaupun jauh pasti saya sempetin,” tuturnya.



Keenam belas peserta menyuguhkan tari kreasi baru yang berisi kearifan lokal, seperti tari sweeke, Nyi Ageng Serang, Blandong, Ciblon ning Grojogan Kinasih dan masih banyak yang lainnya. “Kita sengaja mendorong peserta untuk membuat tari kreasi baru yang berisi kearifan lokal Grobogan. Yang terbaik nanti akan kita ikutkan parade budaya tingkat Jawa Tengah,” jelas Marwoto, ketua panitia sekaligus Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan.

Marwoto menambahkan, untuk pengiring tari, peserta diwajibkan menggunakan iringan musik secara langsung, bukan rekaman. “Memang dari awal sudah kita sosialisakan, semua peserta menggunakan music live. Ini juga sebagai syarat di parade budaya Jawa Tengah,” terangnya.
Terpisah, Bupati Grobogan, Sri Sumarni usai acara mengungkapkan jika acara kirab budaya berlangsung cukup meriah. “Tari sweeke paling menarik. Dengan acara ini bisa mengangkat potensi Grobogan. Saya harap kedepan  generasi muda bisa lebih kreatif lagi,” pungkasnya.


Selain diikuti para pelajar, parade budaya ini juga diikuti sejumlah organisasi, seperti IJTI(Ikatan jurnalis Televesi indonesia) ,KNPI dan Karang Taruna. IJTI yang berkolaborasi dengan KNPI menampilkan kesenian barongan yang cukup memeriahkan suasana. “Kita hanya ingin ikut memeriahkan hari jadi kabupaten Grobogan saja, “ aku Arif, salah satu koordinator dari IJTI. (iya)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel