Penemuan Konde Emas di Bekas Keraton Medang Gegerkan Warga


GROBOGAN – Berbagai penemuan terus bermunculan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan. Setelah penemuan ratusan fosil, bangunan, koin kuno dan alat pecah belah. Kemarin diketemukan konde berbentuk bunga di area persawahan di Desa Banjarejo. Perhiasan ini diduga merupakan peninggalan dari kerajaan Medang kamulan yang konon dipimpin oleh raja kanibal, Prabu Dewata Cengkar , yang di kalahkan oleh Ajisaka.
Dengan berbagai penemuan di desa yang tahun 2016 lalu dicanangkan sebagai desa wisata oleh Bupati grobogan, Sri Sumarni, membuat penasaran warga Grobogan. “Bikin penasaran saja, semoga misteri sejarah peradaban di banjarejo segera terkuat,” ungkap Rohkayati, salah satu pengunjung di stan expo Boyong Grobog.
Dengan penemuan  perhiasan emas yang berbentuk tusuk konde berbentuk bunga matahari oleh  warga, menambah koleksi penemuan di Desa Banjarejo. Perhiasan ini ditemukan oleh Sugiyanto (43) warga Dusun Medang, Desa Banjarejo di area persawahan miliknya. “Semula saya kira hanya mainan, tapi setelah saya ambil ternyata emas,’ tutur Sugiyanto kepada Grobogan Today.
Tusuk konde ini  berukuran tinggi 4 cm, diameter 4 cm dan  berat emas 7.6 gram..,Menurut Kepala Desa Banjarejo Achmad Taufik benda perhiasan tersebut secara resmi belum di laporkan ke BPCP Jateng namun secara gambar sudah dilaporkan ke BPCB Yogyakarta ’’Benda tersebut secara resmi belum saya laporkan ke BPCB Jateng namun secara gambar sudah saya laporkan ke BPJB Yogyakarta,kebetulan hari sabtu kemarin berada di banjarejo dalam peninjauan perkembangan situs Medang” tutur Achmad Taufik Kepala Desa Banjarejo.
Taufik menambahkan, tempat penemuan tusuk konde berbentuk bunga ini diyakini sebagai titik keberadaan kerajan Medang. “Memang sudah diketemukan banyak emas disini,” pungkasnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel