Wow,Harga Cabai Terus Melejit


GROBOGAN - Cuaca buruk yang masih berlangsung disejumlah daerah membuat harga komoditas cabai semakin mahal di Grobogan, Jawa Tengah. Harga cabai naik hampir dua kali lipat. Selain mahal,stok cabai juga langka. Mahalnya  harga cabai berdampak omzet pedagang menurun 50 persen karena menurunya daya beli warga.

Cuaca buruk yang berlangsung satu bulan ini berdampak mahalnya  harga komoditas kebutuhan dapur. Salah satunya cabai, di pasar tradisional Purwodadi, Grobogan, harga cabai naik hampir dua kali lipat, kenaikan tertinggi terjadi pada jenis cabai rawit merah, yang naik dari harga 95 ribu menjadi 135, dan dalam waktu satu mingu naik kembali menjadi 140 ribu per kilonya. Sementara untuk cabai hijau besar 10 ribu perkilo, cabai merah besar harganya 27 ribu perkilo dan cabai rawit harganya 33 ribu turun  menjadi 30 ribu.


Mahalnya  harga cabai rawit merah, berdampak omzet pedagang  turun hingga 50 persen karena menurunnya daya beli warga. Biasanya pembeli membeli satu kilo, kini turun menjadi setengah kilogram, dan yang biasanya membeli seperempat kilo kini membeli lima ons cabai  rawit merah. Sejumlah  pembeli terpaksa  beralih membeli cabai kering, karena mahalnya harga cabai rawit merah. “Kebutuhannya sebenarnya banyak, tapi karena mahal beli sedikit aja. Dicampur dengan cabai kering yang jauh lebih murah,” jelas Umi, salah satu pembeli.

Selain harga  mahal, stok cabai rawit merah  juga  berkurang drastis sehinga menyebabkan stok cabai  rawit merah langka dipasaran. Selama ini, para pedagang di pasar Purwodadi mengandalkan pasokan cabai rawit merah dari  para pedagang di daerah Jawa Timur. “Omset bener-bener turun semenjak harga cabai yang melonjak,” tutur Sulastri kepada Grobogan Today.


Pedagang dan pembeli berharap  pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan harga cabai, sehinga harga kembali turun dan daya beli warga kembali normal. “Kita berharap pemerintah segera menstabilkan harga cabai,” tutur Sulastri. (iya)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel