Aplikasi Aktivasi Belum Bisa Didownload, e-KTP Belum Bisa Cetak


GROBOGAN – Datangnya 10 ribu blangko e-KTP di Dispendukcapil Grobogan tak lantas bisa langsung melakukan cetak e-KTP. Hal ini lantaran  aplikasi aktivasi e-KTP sampai Rabu(19/4/2017) belum juga bisa didownload.
Hal ini diungkapkan Muhamad Susilo, Kadispendukcapil Grobogan saat dihubungi di tempat kerjanya. “Sebenarnya sudah bisa cetak, tapi tidak bisa diaktifasi. Makanya tidak bisa melayani dulu, ini kita persiapkan aplikasinya,” jelasnya.
Susilo menjelaskan bahwa penduduk yang telah melakukan rekam e-KTP belum tentu bisa langsung cetak e-KTP. Mereka harus melewati Penunggalan data terlebih dahulu di pusat. Dari 66 ribu penduduk yang sudah melakukan rekam e-KTP, baru sekitar 29 ribu penduduk yang sudah melewati tahap penunggalan data tersebut. “Artinya, jumlah 29 ribu ini sudah print ready record. Jumlah ini  yang sudah siap dicetak, sedangkan sisanya harus melewati tahap penunggalan data terlebih dahulu,” terangnya.
Susilo menambahkan, bagi pemohon yang sudah melakukan perekaman e-KTP bisa mengecek ke operator di setiap kecamatan masing-masing tanpa adanya pungutan bayaran. “Mereka bisa mengetahui apakah sudah print ready record atau belum. Jika sudah bisa langsung ke Dispendukcapil untuk cetak e-KTP. Namun jika belum kita beri Surat Keterangan (SUKET) lagi,” terangnya.
Karena keterbatasan blangko, pihaknya saat ini akan lebih mengutamakan pemohon yang berkebutuhan mendesak saja, yakni kebutuhan perbankan, pernikahan dan lamaran kerja. “Kita prioritaskan yang sudah perekaman dan print ready record,” imbuhnya.
Juliana, salah seorang warga Nambuhan menyambut baik dengan datangnya blangko e-KTP. “Saya dari bulan September sudah melakukan perekaman e-KTP, namun belum mendapatkannya. Semoga dengan datangnya blangko ini bisa segera dapat e-KTP,” tuturnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel