Kelas Inspirasi Grobogan: Mendapat Sambutan Hangat Bupati


GROBOGAN – “Mengajar sehari, selamanya menginspirasi” itulah slogan mengajar sehari, Kelas Insiprasi Grobogan (KIG) edisi perdana tahun 2017, Sabtu(22/4). Kendati baru pertama kali digelar, kegiatan ini bisa dibilang cukup sukses. Dari ketujuh Sekolah Dasar yang dikunjungi, pihak sekolah sangat menyambut baik kegitan ini.

Sebanyak 105 relawan yang terlibat dalam program KIG pertama ini.Program yang diinisiasi oleh alumni Program Indonesia Mengajar inimengumpulkan ratusan relawan dari berbagai profesi untuk menjadi “guru sehari”. Para relawan bertugas memberikan inspirasi dan menginformasikan berbagai profesi yang digeluti di masa depan. Antara lain, pilot, dokter, psikolog, polisi, dosen, teknisi, anggota TNI, desain grafis, bidan, dan masinis. Selain dari Grobogan, relawan juga berasal dari berbagai kota lainnya. Seperti, Semarang, Jogja, Madura, Jakarta, Surabaya, Surakarta, dan Bandung. “Para profesional ini disebut relawan pengajar. Mereka berbagi cerita tentang pengalaman kerja dan memberikan motivasi untuk mempersiapkan diri meraih cita-cita,” jelas Disma Ajeng Rastiti, selaku Koordinator KIG.

Disma Ajeng Rastiti menambahkan, para profesional diajak untuk menceritakan profesinya, diharapkan agar para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita. “Diharapkan mereka akan memiliki mimpi yang besar, sehingga akan lebih rajin belajar,” tuturnya.
Ketujuh sekolah dasar yang menjadi tujuan KIG yakni, SDN 01 Mlowokarangtalun di Kecamatan Pulokulon, dan SDN 01 Getasrejo, Kecamatan Grobogan. Kemudian, ada lima SD sasaran yang ada di Kecamatan Purwodadi. Yakni, SDN 03 Danyang, SDN 02 Karanganyar, SDN 05 Purwodadi, SDN 02 Genuksuran, dan SDN 01 Candisari.“Antusias untuk jadi relawan KIG ini luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan relawan meluangkan waktunya mengikuti program KIG,” jelasnya.
Ali Muttakin, seorang dokter gigi yang juga dosen di Universitas Soedirman menuturkan bahwa dirinya sangat tertantang untuk ikut kelas inspirasi. Dirinya sangat senang bisa ambil bagian pada kelas inspirasi Grobogan. “ Semoga bisa bermanfaat buat adik-adik semua. Jika dibuka kelas inspirasi lagi saya pasti kut kembali,” jelasnya usai mengisi KIG di SD Negeri 1 Karanganyar.
Pengakuan yang sama diutarakan Lisa A. Raharjo, seorang dosen pasca sarjana disebuah universitas di Surabaya menuturkan jika dirinya telah 12 kali mengisi Kelas Inspirasi di berbagai kota di Indonesia. “Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi bagi anak-anak,” tuturnya.
Tri Anubowo Santoso, selaku Kepala Sekolah SD N 1 Karanganyar menyambut baik kegiatan KIG, serta berharap di kegiatan berikutnya bisa dilibatkan kembali. “Semoga di kegiatan mendatang sekolah ini bisa  menjadi salah satu tujuan KIG,” harapnya.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni dalam sambutannya diacara refleksi KIG menyambut baik hadirnya kelas inspirasi tersebut. Sebab, ia menilai gerakan ini dinilai punya manfaat positif dalam memotiviasi para siswa untuk bisa sukses menggapai masa depannya.“Saya sangat mendukung kelas inspirasi ini. Ini sangat membantu para siswa. Semoga bisa dilanjut di kemudian hari,” harapnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel