Ahli Waris Keluarga Tak Mampu di Grobogan Mendapat Santunan


GROBOGAN – Satu tahun kepemimpinannya, visi-misi bupati Grobogan yakni Bantuan Sosial  Kematian bagi warga miskin di Kabupaten Grobogan baru terealisasi. Bersumber dari dana APBD, setiap ahli waris dari keluarga miskin atau tidak mampu memperoleh santunan sebesar satu juta Rupiah. Secara simbolis, sebanyak 25 keluarga ahli waris menerima santuan tersebut di pendopo kabupaten, sebagai tanda launching penyerahan bantuan sosial kematian bagi warga miskin, Selasa(23/5).

Bupati Grobogan, Sri Sumarni dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemkab Grobogan untuk membantu meringankan beban yang dirasakan warga  yang kurang mampu dan sedang berduka karena ada anggota keluarganya yang meninggal dunia , dengan  besaran 1 juta rupiah untuk setiap ahli waris. “Untuk melaksanakan visi-misi tersebut, maka Saya menetapkan Peraturan Bupati Nomor 88 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan serta Monitoring Evaluasi Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah Kabupaten Grobogan,” jelasnya.

Saat ini, sudah banyak warga masyarakat  miskin di daerah yang mengajukan permohonan  Bantuan Sosial Kematian. “Setiap kecamatan setiap bulannya ada sekitar 20 orang. Saya berharap agar ahli waris yang mengajukan bantuan tersebut, untuk mengikuti prosedur yang sudah ditentukan,  lengkapilah  persyaratan yang ada melalui Dinas Sosial Kabupaten Grobogan,” tuturnya.

Ia berharap agar BPPKAD  dan Dinas Sosial segera memproses bantuan tersebut, sehingga permohonan yang sudah diajukan, dapat segera dicairkan untuk membantu meringankan beban warga tersebut. “Prosesnya jangan berbelit-belit, yang mengajukan pasti dari keluarga tidak mampu. Saya berharap bagaimana program ini bisa berjalan lancar dan benar-benar bisa membantu warga miskin,” terangnya.

Andung Sutiyoso, Kadinas Sosial Grobogan menambahkan, pihaknya akan semaksimal mungkin mensukseskan visi misi bupati. “Kami akan bekerja keras agar program ini bisa berjalan dengan baik dan warga miskin bisa menikmatinya,” tegasnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel