Warga Simo Impikan Jalannya Mulus


GROBOGAN – Memiliki jalan bagus adalah impian semua orang. Seperti halnya warga Dusun Corot, Desa Simo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Selama puluhan tahun mereka harus melewati jalan berbatu di desanya, yang merupakan akses utama menuju Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon.
Guntur, salah seorang warga menjelaskan bahwa kerusakan jalan di desanya sudah berlangsung lama, dan belum pernah ada usaha untuk memperbaiki. “Paling juga cuma diurug dengan batu dan pasir,” jelasnya.
Banyaknya truk bermuatan berat yang mengangkut hasil panen warga semakin memperparah rusaknya jalan. Jalan yang terjal dan berbatu ditambah  lubang yang menganga lebar semakin mempersulit aktifitas warga. Apalagi  jika hujan turun,  jalan yang berlubang penuh dengan genangan air. “Air menggenang saat hujan dan pastinya becek sekali,” terang Guntur.
Jika musim penghujan, anak-anak yang pergi ke sekolah harus berjuang keras melewati kubangan jalan. “Apalagi anak usai Sekolah Dasar jika harus melewati jalan ini. Jika diantarkan orang tuanya masih aman, namun jika mereka harus berangkat sendiri kasian. Kadang sampai jatuh dan harus pulang lagi karena pakaiannya kotor,” tutur Muhadi, warga yang lain.
Melihat kesulitan ini, beberapa warga berinisiatif untuk menutup lubang jalan dengan material seadanya. Mereka bergotong-royong mengambil bebatuan yang berada dipinggir jalan, kemudian digunakan untuk menutup lubang. “Bagaimana caranya agar jalan mudah dilewati saja. Jalan yang berlubang kita tutup, jika agak tinggi kita keruk,” terang Muhadi.
Warga Desa Simo berharap agar akses jalan antar kecamatan di desanya segera diperbaiki agar aktifitas ekonomi warga bisa berjalan lancar. “Kalaupun pemerintah belum mampu untuk melakukan pembetonan, paling tidak lubang-lubang jalan ditutup dengan batu dan pasir. Kami gak menuntut lebih kok,” tegas Muhadi. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel