30 Perusahaan Buka 6000 Lowongan Pekerjaan


PURWODADI- Sebanyak 6 ribu lowongan pekerjaan untuk lulusan SLTP hingga S1 tersedia dalam job fair yang akan diselenggarakan di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi. Rencananya, acara bursa kerja yang digelar Disnakertrans itu bakal dilangsungkan selama dua hari. Yakni, 26-27 Juli mendatang. Demikian diungkapkan Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Grobogan, Hadi Purmiyanto saat ditemui di kantornya, Selasa
(25/7).”Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan job fair,” ungkapnya.

Sebanyak 30 perusahaan akan ambil bagian dalam job fair kali ini. 18 perusahaan berasal dari luar kabupaten Grobogan, sedangkan sisanya berasal dari perusahaan lokal. Mereka bergerak di bidang kesehatan, pelayaran, manufaktur, retail, finance,airlines dan lain-lain.”Setiap tahun jumlah pengunjung job fair selalu ramai. Apalagi selesai kelulusan sekolah,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain pameran bursa kerja, pihaknya juga melayani pembuatan AK1 atau kartu kuning. “ Pencari kerja bisa langsung mengurus pembuatan kartu kuning di tempat job fair,” ungkapnya.

Pencari Kartu Kuning Meningkat
Kepala Disnakertrans Grobogan Nurwanto menyatakan, pencari kartu kuning memang ada kenaikan. Tepatnya, setelah pengumuman kelulusan siswa SMA/SMK beberapa waktu lalu dan momen Lebaran.Menurutnya, pencari kerja yang dihitung berdasarkan kepengurusan kartu  AK 1 berkisar 150 orang per hari. Sebelumnya, pencari kartu kuning sekitar 20 hingga 50 orang per hari.“Setiap selesai kelulusan biasanya memang banyak yang cari kartu kuning. Permintaan kartu kuning terus mengalir karena kebetulan kita akan melangsungkan acara job fair,” jelasnya.

Fitriyani, salah seorang pencari kartu kuning menyatakan, dirinya sesegera mungkin mempersiapkan kartu kuning agar saat job fair nanti sudah memilikinya. Sehingga saat ada lowongan pekerjaan yang cocok, bisa langsung memasukkan lamaran. “ Ini persiapan mencari kerja. Semoga nanti mendapat pekerjaan yang cocok,” ujar gadis yang baru lulus SMK tahun ini. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel