Job Fair Diserbu Pencari Kerja


PURWODADI-Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar bursa kerja di gedung wisuda budaya yang dibuka, Rabu(6/7) oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Hal itu sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran di kabupaten ini.
Ada sekitar 30 perusahaan yang digandeng untuk berpartisipasi dalam event tersebut. Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan (Kadisnakertrans) , Nurwanto,  mengatakan, animo masyarakat yang mengikuti bursa kerja sangat tinggi, itu terlihat dari awal diresmikannya bursa kerja ada ribuan para pencari kerja sudah sudah berdatangan sejak pagi hari.
“Melihat animo masyarakat yang begitu besar saya terharu, ternyata para pencari kerja di Grobogan itu banyak. Untuk itu, tugas kami untuk menyediakan lapangan kerja  harus terus dilaksanakan,” ujarnya kepada  wartawan.
Ia menuturkan, selain menyediakan lapangan kerja, berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan  sudah menjadi tugasnya sebagai  upaya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Grobogan.“Dengan adanya event ini  diharapkan banyak pencari kerja  yang terserap di perusahaan yang ada,” terangnya.
Sementara untuk pembuatan kartu kuning yang juga menjadi persyaratan para pencari kerja, kata Nurwanto, pihaknya memberikan pelayanan di tempat job fair untuk memudahkan para pencari kerja untuk melengkapi persyaratan tersebut.“Sebagai persyaratan melamar pekerjaan pastinya diperlukan berbagai kelengkapan surat lamaran,untuk itu kami memberikan kemudahan untuk melengkapi persyaratan tersebut,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan, dalam bursa kerja ini Pemkab Grobogan  melalui Dinas Tenaga Kerja bekerjasama dengan 30 perusahaan. “Ada sekitar 6.000 lowongan pekerjaan dari 30 perusahaan yang ditawarkan ke pencari kerja,” ujarnya.
Selain itu, kata Sri Sumarni, dirinya berharap kepada seluruh perusahaan yang turut serta dalam bursa kerja dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, sehingga nantinya mereka menjadi lebih profesional dan berkualitas.
“Bursa kerja ini diharapkan menjadi solusi nyata dari pemerintah dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang ada khususnya di Kabupaten Grobogan. Sehingga angka pengangguran secara nasional juga dapat berkurang,” ungkapnya.
Ia juga berharap kepada para pencari kerja untuk menjadikan bursa kerja ini sebagai sebuah peluang untuk mengasah mentalitas hingga layak pada posisi yang lebih baik, ke depannya. “Untuk itu,kita akan memperbanyak media dan sarana yang menyediakan bursa kerja seperti ini kedepannya,” tandasnya.
Ditempat yang  sama salah satu pelamar asal Godong , Indriyana(21) sangat antusias dengan adanya bursa kerja seperti ini.“Saya sudah pernah 3 kali melamar, tapi belum mendapatkan hasil,mudah -mudahan dalam  bursa kerja sekarang bisa dapat kerjaan,” harapnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel