Wow, Penampakan Sungai Dekat Pasar Tempel


PURWODADI- Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dinilai masih kurang. Pasalnya, masih sering dijumpai  warga membuang sampah sembarangan. Seperti terlihat di sungai di Dusun Tempel, Desa Ngraji, Kecamatan Purwodadi. Di musim kemarau seperti ini, sampah menumpuk di aliran sungai yang bersebelahan dengan pasar desa setempat. Bau menyengat akan terasa saat kita melintasi sungai yang membelah jalan raya Danyang-Kuwu ini.

Setiap harinya banyak sampah rumah tangga maupun sampah pasar yang dibuang di sepanjang aliran sungai ini. Permasalahan ini jika tidak segera ditangani bisa-bisa menjadi masalah besar yang sulit diatasi. Tak ayal keadaan tersebut dikeluhkan warga sekitar sungai. “Sungai ini sekarang sudah berubah fungsi jadi tempat pembuangan sampah. Bagaimana nanti jadinya,” ujar Herman, warga setempat.

Ia mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai masih kurang. Apalagi saat musim kemarau seperti ini, sampah semakin bertumpuk-tumpuk karena air sungai tidak mengalir. “Sudah parah banget. Tumpukan sampah di sungai ini. Kalau musim hujan masih terbawa air, kalau kemarau seperti ini makin bertumpuk,” tandasnya.

Salah seorang pedagang pasar yang tak mau menyebutkan namanya menuturkan, banyak sekali pedagang pasar yang sengaja membuang sampah ke sungai karena tidak adanya  fasilitas tempat sampah di pasar tersebut. “Kami terpaksa membuangnya ke sungai, karena tempat sampah tidak ada. Petugas hanya menumpuk sampah di pasar bagian belakang, tidak pernah diangkut,” tuturnya.

Pantauan  Grobogan Today di lapangan, di sepanjang sungai ini tampak tumpukan sampah rumahan berupa kantong plastik dan juga benda lain di dalamnya. Cuaca panas seperti ini membuat bau menyengat tercium saat melintas. Warga terpaksa menutup hidung saat berada di sekitar lokasi. “Seharusnya ada tempat pembuangan sampah dan diangkut setiap hari,” ungkap salah satu pedagang pasar. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel